Kesesuaian Implementasi Competency Based Training (CBT) di UPT Pelatihan Kerja Kediri
View/ Open
Date
2016-04-02Author
Ihwanudin, M.
Purnomo
Suhartadi, Syarif
Metadata
Show full item recordAbstract
Tujuan penelitian untuk mendeskripsikan implementasi competency based
training (CBT) di UPT pelatihan kerja ditinjau dari hasil uji kompetensi siswa
serta requitment di dunia usaha/industri. Metode digunakan adalah deskriptif
kuantitatif dengan menggunakan survey. Populasi yang digunakan adalah seluruh
siswa pelatihan. Pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian adalah
dokumentasi, mencakup yaitu: (1) hasil uji kompetensi siswa pelatihan tahun
2015; (2) data internal bursa kerja khusus (BKK) tahun 2015. Dari penelitian
menunjukkan bahwa 144 lulusan dinyatakan kompeten, dengan rincian bidang
kejuruan sebagai berikut: (1) kejuruan las menghasilkan 16 lulusan kompeten; (2)
kejuruan instalasi penerangan menghasilkan 32 lulusan kompeten; (3) kejuruan
audio-video menghasilkan 16 lulusan kompeten; (4) kejuruan menjahit 16 lulusan
kompeten; (5) kejuruan teknik kendaraan ringan (TKR) mobil bensin
menghasilkan 16 lulusan kompeten; (6) kejuruan sepeda motor menghasilkan 16
lulusan kompeten; (7) kejuruan pengolahan hasil pertanian (PHP) menghasilkan
16 lulusan kompeten; (8) kejuruan komputer menghasilkan 16 lulusan kompeten.
Selanjutnya data internal bursa kerja khusus (BKK) menunjukkan 105 dari 144
siswa pelatihan tahun 2015 telah terserap dunia kerja mencapai 72,92%.
Kesimpulan penelitian adalah: (1) implementasi CBT di UPT pelatihan kerja
optimal, ditinjau dari hasil uji kompetensi (2) implementasi CBT di UPT pelatihan
kerja tidak optimal, ditinjau dari lulusan yang terserap pada dunia usaha/industri.