Peningkatkan Prestasi Belajar Siswa Kelas XII IPS 5 SMA Negeri Karangpandan Melalui Model Pembelajaran Sakadumen (One Case Two Minutes)
Abstract
“Peningkatkan Prestasi Belajar Melalui Model Pembelajaran
Sakadumen (One Case Two Minutes) pada siswa kelas XII IPS 5 SMA NEGERI
Karangpandan tahun 2015.”. Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan
gambaran tentang penerapan Model Belajar SAKADUMEN atau ONE CASE TWO
MINUTES untuk meningkatkan prestasi belajar bidang studi ekonomi pada siswa
kelas XII IPS 5 SMAN Karangpandan Kabupaten Karanganyar tahun 2015.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif
dengan jenis penelitian tindakan kelas khusus nya kelas XII IPS 5, dengan jumlah
siswa yang dijadikan subyek penelitian sebanyak 36 siswa. Tulisan ini bertolak
dari introspeksi yang peneliti lakukan setelah melakukan analisis hasil ulangan
formatif yang diperoleh siswa kelas XII IPS 5 SMAN Karangpandan dimana
tingkat kesalahan siswa dalam menjawab soal–soal menghitung fungsi permintaan
dan fungsi penawaran dalam bidang studi ekonometri tidak mencapai KKM
(kriteria ketuntasan minimal). Terutama siswa yang kesulitan mengerjakan soal
Ujian Nasional atau setaraf untuk materi pilihan ganda. Dari introspeksi diatas,
maka penulis berkeinginan untuk mencoba meningkatkan prestasi hasil belajar
melalui pendekatan SAKADUMEN dengan menerapkan ONE CASE TWO
MINUTES” yaitu siswa mampu mengerjakan soal ujian nasional atau setaraf
dengan waktu dua menit dari tiga menit yang tersedia. Melalui penelitian
tindakan kelas dapat diketahui bahwa penerapan SAKADUMEN ini memiliki
dampak positif dalam meningkatkan minat menghitung dan nilai hasil belajar
pada siswa kelas XII IPS 5 SMAN Karangpandan Tahun 2015. Hal ini dapat di
lihat dari semakin banyaknya siswa yang mampu menjawab soal perhitungan
dengan Waktu DUA MENIT UNTUK SATU KASUS . Hasil survey yang dilakukan
oleh peneliti terhadap minat siswa dalam menghitung angka-angka juga
menunjukkan peningkatan yang signifikan. Secara klasikal nilai hasil belajar
terjadi peningkatan dari kondisi awal pra siklus sampai siklus II dengan
prosentase Setiap butir soal prosentase jawaban benar meningkat dari 52,65% s/d
85,35%.