• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Isu-Isu Strategis dalam Meningkatkan Efesiensi, Akuntabilitas, Transparansi dan Meminimalkan Penyalahgunaan Anggaran Sekolah

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 23.pdf (171.4Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Witurachmi, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Artikel ini mempunyai tujuan untuk mengetahui : (1) efektivitas dan efisiensi penggunaan keuangan sekolah;(2) akuntabilitas dan transparansi keuangan sekolah,(3) bagaimana meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah. Metode Penulisan digunakan metode Dokumentasi dan studi pustaka / Library,Validitas data digunakan validitas Sumber.Analisis Data digunakan analisis Induktif – deduktif . Hasil Pembahasan adalah: (1) Untuk dapat meningkatkan efektivitas penggunaan keuangan sekolah dapat dilakukan jika kegiatan yang dilakukan dapat mengatur keuangan untuk membiayai aktivitas dalam rangka mencapai tujuan lembaga yang bersangkutan dan kualitatif outcomes-nya sesuai dengan rencana yang telah ditetapkan , dan untuk meningkatkan efisiensi dapat melalui penggunaan waktu, tenaga dan biaya yang sekecil-kecilnya dapat mencapai hasil yang sebesar-besarnya. Ragam efisiensi dapat dijelaskan melalui hubungan antara penggunaan waktu, tenaga, biaya dan hasil yang diharapkan ,(2) peningkatan Akuntabilitas dan Transparansi dapat dilakukan dengan cara penggunaan uang yang dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan perencanaan yang telah ditetapkan,dari perencanaan dan peraturan.Pihak sekolah dalam membelanjakan uang harus bertanggung jawab. kepada orang tua murid , masyarakat dan pemerintah. Dengan tiga pilar utama akuntabilitas, yaitu (a) adanya transparansi para penyelenggara sekolah dengan menerima masukan dan mengikutsertakan berbagai komponen dalam mengelola sekolah, (b) adanya standar kinerja di setiap institusi yang dapat diukur dalam melaksanakan tugas, fungsi dan wewenangnya, (c) adanya partisipasi untuk saling menciptakan suasana kondusif dalam menciptakan pelayanan masyarakat dengan prosedur yang mudah, biaya yang murah dan pelayanan yang cepat .(3) Untuk meminimalkan penyalahgunaan anggaran sekolah dapat dilakukan dengan cara diterapkan manajemen yang tertib meliputi tertib program, tertib anggaran, tertib administrasi, tertib pelaksanaan, dan tertib pengendalian dan pengawasan. Saran : Dalam manajemen sekolah pemegang keuangan dan kebijakan sekolah perlu pemahaman tentang peraturan yang ditetapkan. Rekomendasi : perlu kajian lebih lanjut pada institusi atau organisasi penyelenggaraan kegiatan pendidikan yang mengkaji factor hambatan dan pendukung implementasi Manajemen keuangan sekolah guna meminimalisasi pelanggaran implementasi Anggaran yang telah ditetapkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7289
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV