• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding SNP (Seminar Nasional Pendidikan) Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Dampak Program Sertifikasi Guru terhadap Motivasi Berprestasi pada Mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP Universitas Muhammadiyah Surakarta Tahun 2015/2016

    Thumbnail
    View/Open
    artikel 26.pdf (95.60Kb)
    Date
    2016-04-02
    Author
    Suranto
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Sertifikasi guru adalah proses pemberian sertifikat pendidik kepada guru. Sertifikat pendidik diberikan kepada guru yang telah memenuhi standar profesional guru. Guru profesional merupakan syarat mutlak untuk menciptakan sebuah sistem dan praktik pendidikan yang berkualitas baik. Mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan merupakan calon guru masa depan yang diharapkan menjadi guru yang profesional. Hal ini berimplikasi kepada tuntutan mahasiswa FKIP sebagai calon guru, motivasi berprestasi untuk menjadi mahasiswa terbaik sebagai kriteria calon guru yang professional merupakan sikap yang harusnya dimiliki oleh mahasiswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak tunjangan sertifikasi terhadap motivasi berprestasi. Subyek penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Akuntansi FKIP UMS semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 yang berjumlah 240 mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah 80 mahasiswa yang diambil dengan teknik random sampling. Metode pengambilan data primer dengan menggunakan angket untuk mengetahui persepsi mahasiswa mengenai sertifikasi guru dan untuk mengetahui motivasi berprestasi mahasiswa. Hasil penelitian dengan pengolahan SPSS menunjukkan adanya korelasi positif dan signifikan antara program sertifikasi guru terhadap motivasi berprestasi. Hasil SPSS menunjukkan tingkat korelasi sebesar 0,820 (sig 0,00) pada tingkat signifikasi 5%. Selain itu disimpulkan bahwa dengan adanya tunjangan sertifikasi meningkatkan jumlah mahasiswa yang mengambil jurusan keguruan, sehingga meningkatkan daya saing pada mahasiswa. Tunjangan sertifikasi juga meningkatkan standard professional guru yang dirumuskan Departemen Pendidikan Nasional setidaknya calon guru harus memiliki kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi personal dan kompetensi sosial, sehingga mahasiswa keguruan dituntut untuk berprestasi dan menguasai kompetensi yang diharapkan.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/7292
    Collections
    • Seminar Nasional Pendidikan I 2016 (Pendidikan Akuntansi FKIP UMS)

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV