Show simple item record

dc.contributor.authorAmin, Sodiqul
dc.date.accessioned2016-07-27T03:19:45Z
dc.date.available2016-07-27T03:19:45Z
dc.date.issued2014-06
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT Rhineka Cipta. Margono. 2005. Metologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rhineka Cipta. Moleong, Lexy. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung: Remaja Karya. Nasution, S. 2002. Asas-asas kurikulum. Bandung: Jemmars. HB, Sutopo. 2003. Metode Penelitian Kualitatif Surakarta: UNS Press.in_ID
dc.identifier.issn0852-9604
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7441
dc.description.abstractPenelitian ini mengangkat masalah: 1) Bagaimanakah peningkatan kemampuan berpidato menggunakan bahasa Jawa pada siswa kelas IX D di SMP Negeri 1 Polokarto semester II tahun pelajaran 2012/ 2013, 2) Adakah perubahan kemampuan siswa setelah dilakukan pembelajaran berpidato bahasa Jawa dengan metode latihan secara intensif. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, yaitu siklus I dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi dan refl eksi. Data yang diambil dalam penelitian tindakan kelas ini adalah data tes yang berupa tes keterampilan berpidato bahasa Jawa dan data nontes yang berupa hasil pengamatan dan wawancara. Data yang telah diperoleh dianalisis dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan berpidato bahasa Jawa siswa kelas IX D mengalami peningkatan setelah dilakukan pembelajaran dengan metode latihan secara intensif. Pada prasiklus siswa belum mencapai nilai sesuai standar pengukuran nilai yang diharapkan yaitu 75. Nilai ratarata yang diperoleh pada prasiklus sebesar 57,825 atau berada pada kategori kurang. Setelah dilakukan tindakan siklus I nilai rata-rata keterampilan berpidato bahasa Jawa meningkat 23,28% yaitu menjadi 75,375. Hasil siklus I ternyata belum memenuhi target pencapaian nilai hasil belajar, oleh karena itu dilakukan tindakan siklus II. Nilai rata-rata siklus II sebesar 85,825, artinya ada peningkatan 12,18% dari hasil siklus I. Berdasarkan hasil observasi, dan wawancara yang telah dilakukan, perilaku negatif siswa menjadi positif. Semangat siswa meningkat dan terlihat menikmati pembelajaran. Siswa juga terlihat semangat ketika diminta praktik berpidato bahasa Jawa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectketerampilan berpidatoin_ID
dc.subjectbahasa Jawain_ID
dc.subjectmetode Latihan intensifin_ID
dc.titlePeningkatan Kemampuan Berpidato Menggunakan Bahasa Jawa Melalui Metode Latihan Secara Intensifin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record