Peningkatan Kemampuan Menuangkan Gagasan dalam Menulis Melalui Model Exel
Abstract
Siswa kelas VII B SMP Negeri 2 Musuk mengalami kesulitan menuangkan
ide-ide dalam tulisan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penelitian tindakan kelas
ini menggunakan model pembelajaran eksperiental. Penelitian ini bertujuan untuk
mengamati apakah menulis melalui Model eksperiental dapat mengembangkan
kemampuan siswa di kelas VII B SMP Negeri 2 Musuk dalam menuangkan
ide-ide mereka secara tertulis. Penelitian ini menggunakan model Kemmis dan
Mc. Taggart dan dilakukan pada bulan Februari untuk Mei 2011. Kegiatan riset
dilakukan dalam empat tahap, dan masing-masing tahap dilakukan dalam tiga
siklus. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner, wawancara, dan portofolio.
Data kemudian dianalisis dengan pendekatan deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian
menunjukkan bahwa pembelajaran model eksperiental dapat menghasilkan hasil
yang baik yaitu 75% dari total siswa bisa menempatkan ide-ide mereka secara
tertulis dengan jelas. Prestasi akademik siswa juga mengalami peningkatan, dan
hal ini berarti bahwa Experiential Model sangat efektif untuk meningkatkan
kegiatan belajar menulis.