Pengembangan Sistem Pembelajaran Konstruktivistik Berbasis Teknologi Sesuai Dengan Gaya Belajar Peserta Didik
Abstract
The learner can be possible to have different learning purposes, which is not the same
background, the level of knowledge which is not parallel, competence varies, as well as learning
styles are not similar. Therefore, a learning system tailored to the learning styles of learners is very
worthy to be realized so that learners acquire material with different presentation models according
to the needs and suitability in learning. A system assisted learning computer technology should be
designed to give freedom to the learners in constructing active knowledge possessed by an adaptive
process of organizing learning experiences based on Information Retrieval System (IRS) to increase
interaction with the environment. The performance of the system can be tested by using black-box
testing methods and alpha-beta on the each module of the system. Meanwhile a class action and a
survey method employed to identify the direct impact of the uptake of material by learners. Based
on a series of transient analysis can be drawn a hypothesis that the use of technology on learning
tailored to the learning styles of learners will provide indications of a significant increase in the
mastery and understanding of the learning material and the strengthening of experience both within
the formal and non-formal.
Para peserta didik dapat dimungkinkan mempunyai maksud belajar yang berbeda, latar
belakang yang tidak sama, tingkat pengetahuan yang tidak sejajar, kompetensi yang bervariasi, serta
gaya belajar yang tidak serupa. Oleh karena itu sebuah sistem pembelajaran yang disesuaikan
dengan gaya belajar peserta didik sangat layak untuk diwujudkan sehingga para peserta didik
memperoleh materi dengan model penyajian yang berbeda sesuai dengan kebutuhan dan
kecocokannya dalam belajar. Sebuah sistem pembelajaran berbantuan teknologi komputer perlu
didesain untuk memberikan kebebasan kepada peserta didik dalam membangun secara aktif
pengetahuan yang dimilikinya melalui suatu proses adaptif pengorganisasian pengalaman belajar
berbasis sistem temu kembali informsi (Information Retrieval System) disingkat IRS dengan model
tanya-jawab untuk menambah interaksi dengan lingkungannya. Unjuk kerja sistem dapat diujikan
dengan menggunakan metode pengujian black-box dan alpha-beta pada setiap modul sistem.
Sementara itu tindakan kelas dan survey untuk mengidentifikasi dampak langsung dari sistem
pembelajaran berbantuan teknologi pembelajaran tanya jawab terhadap serapan materi oleh peserta
didik. Berdasarkan pada serangkaian analisis sementara dapat ditarik suatu hipotesis bahwa
penggunaan teknologi pada pembelajaran yang disesuaikan dengan gaya belajar peserta didik akan
memberikan indikasi adanya peningkatan yang signifikan dalam penguasaan dan pemahaman
materi belajar serta penguatan pengalaman baik dalam lingkungan formal maupun non-formal.