Analisis Metakognitif Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Aplikasi Deret Tak Hingga
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan metakognitif siswa aspek merencana, memantau dan mengevaluasi dalam menyelesaikan masalah aplikasi deret tak hingga. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif. Waktu pelaksanaan penelitian pada semester ganjil tahun ajaran 2015/2016. Subjek pada penelitian ini yaitu guru dan siswa SMK Muhammadiyah 1 Blora. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Teknik analisis data dengan reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) metakognitif siswa aspek merencana belum optimal didasari; siswa belum mampu memahami kosep materi dengan optimal, siswa belum mampu memahami maksud soal menyebabkn siswa tidak dapat menentukan yang diketahui dan ditanyakan pada soal, siswa belum mampu menyusun strategi penyelesaian yang sesuai dengan harapan pada soal, (2) metakognitif siswa aspek memantau dan mengevaluasi belum optimal didasari; kesesuaian informasi pada soal dan rumus yang ditentukan siswa belum sesuai, kesesuaian rumus dan perhitungan yang dilakukan masih belum sesuai serta terdapat kesalahan.