Dampak Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar
View/ Open
Date
2016-08-03Author
Kholid, Muhammad Noor
Rachmawati WS, ika
Sutama
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini memiliki tiga tujuan. (1) Menganalisis dan menguji pengaruh strategi Problem Based
Learning dan Group Investigation terhadap hasil belajar matematika, (2) menganalisis dan menguji pengaruh
motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) menganalisis dan menguji interaksi antara strategi Problem
Based Learning, Group Investigation dan motivasi siswaterhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini
merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa
kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas
yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster
random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data
menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil
analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara pengaruh strategi Problem Based Learning dan
Group Investigation terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar
matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara strategi Problem Based Learning, Group Investigation dan motivasi
siswaterhadap hasil belajar matematika.