Show simple item record

dc.contributor.authorKholid, Muhammad Noor
dc.contributor.authorRachmawati WS, ika
dc.contributor.authorSutama
dc.date.accessioned2016-10-18T01:28:06Z
dc.date.available2016-10-18T01:28:06Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationBaki, A., Yildiz, C., Aydin, M., & Kogee, D. (2010). The Application of Group Investigation Technique: The Views of the Teacher and Students. Turkish Journal of Computer and Mathematics Education, 1(2), 166-186. Brouce, P., Deussing, M., Houme, K., & Chuy, M. (2012). The Performance of Canada,s Youth in Mathematics, Reading, and Science. Canada: Council of Ministers of Education. Bungel, M. F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Palu pada Materi Prisma. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 45-54. Cleopatra, M. (2015). Pengaruh Gaya Hidup dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 5(2), 168-181. Een., Hardianto., & Afri, L. E. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Rambah. Jurnal Mahasiswa FKIP Universitas Pasir Pengaraian, 1(1). Diakses pada 29 Maret 2016, dari http://ejournal.upp.ac.id/index.php/mtkfkip/art icle/view/257. Gangga, U. W. A., Kusmayadi, T. A., & Usodo, B. (2015). Eksperimentasi Model Problem Based Learning (PBL) dan Model Group Investigaion (GI) dalam Pembelajaran Matematika Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau dari Sikap Percaya Diri Siswa Kelas VIII SMP Se-Kabupaten Madiun Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 3(1), 64-74. Gegbe, B., Sheriff, A. B., & Turay, S. M. (2015). The Impact of Motivation on Pupil’s Academic Achievment ang Learning Outcomes in Mathemathics among Secondary School in Sierra Leone: A Case Study Kori Chiefdom, Moamba District Southern Sierra Leone. International Journal of Science: Basic and Applied Research, 24(3), 27-38 Hatisaru, V., & Kucukturan, A. G. (2009). Student Views on Problem ased Learning 9 th Grade Industrial Vocational High School. Procedia Social and Behavioral Science, 1, 718722. Kazemi, F., & Ghoraisi, M. (2012). Comparison of Problem-based Learning Approach and Traditional Teaching on Attitude, Misconceptions and Mathematics Performance of University Students. Procedia-Social and Behavioral Science, 46, 3852-3856. Lestari, W. (2015). Efektifitas Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal Formatif, 2(3), 170-181. Padmavathy, R. D. & K, Mareesh. (2013). Effectiveness of Problem Based Learning In Mathemathic. International Multidiscip linary e-Journal, 2(1), 45-51. Ratnaya, I. G. (2013). Implementasi Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 2(46), 125-135. Siregar, E., & Nara, H. (2011). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia. Smith, K. J. (1985). Finite Mathematics. United Stated of Amerika: Brooks/Cole Publising Company. Suryosubroto, B. (2010). Beberapa Aspek Dasar-dasar Kependidikan. Jakarta: Rineka Cipta. Tella, A. (2007). The Impact of Motivation on Student’s Academic Achievement and Learning Outcomes in Mathematics among Secondary School Student in Nigeria. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 3(2), 149-156.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7635
dc.description.abstractPenelitian ini memiliki tiga tujuan. (1) Menganalisis dan menguji pengaruh strategi Problem Based Learning dan Group Investigation terhadap hasil belajar matematika, (2) menganalisis dan menguji pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) menganalisis dan menguji interaksi antara strategi Problem Based Learning, Group Investigation dan motivasi siswaterhadap hasil belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini terdiri atas dua kelas yaitu sebagai kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan dokumentasi, angket dan tes. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikasi 5%. Berdasarkan hasil analisis diperoleh kesimpulan bahwa: (1) terdapat pengaruh antara pengaruh strategi Problem Based Learning dan Group Investigation terhadap hasil belajar matematika, (2) terdapat pengaruh motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) tidak terdapat interaksi antara strategi Problem Based Learning, Group Investigation dan motivasi siswaterhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectgroup investigationin_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.subjectmotivasi siswain_ID
dc.subjectpblin_ID
dc.titleDampak Strategi Pembelajaran dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record