Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi TGT dan NHT Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Peserta Didik
Abstract
Bervariasinya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor , antara lain :
faktor strategi pembelajaran guru dan keaktivan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik yang diberi pembelajaran
dengan menerapkan strategi Teams Games Tournaments ( TGT) dan Numbered Heads Together (
NHT), (2) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari tingkat keaktifan belajar
matematika, dan (3) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari perbedaan
strategi pembelajaran dan tingkat keaktivan peserta didik dalam belajar matematika. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam
penelitian ini yaitupeserta didik kelas XA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XA4 sebagai kelas
control. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan
data menggunakan angket dan tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu.
Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data
dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta
didik yang diberi pembelajaran dengan menerapkan strategi Teams Games Tournaments ( TGT) dan
Numbered Heads Together ( NHT), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik
ditinjau dari tingkat keaktifan belajar matematika, dan (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar
matematika pada peserta didik ditinjau dari perbedaan strategi pembelajaran dan tingkat keaktivan
peserta didik dalam belajar matematika.