dc.contributor.author | Sutami, Sri | |
dc.contributor.author | Rosyidi, Agung | |
dc.date.accessioned | 2016-10-19T04:15:27Z | |
dc.date.available | 2016-10-19T04:15:27Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Amrozi, Soetarno, dan Suharno. 2014. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TSP SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2(3): 295-310. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. Khoirotunnisa,Anis Umi. 2015.Eksperimentasi Model Pembelajaran NHT dengan Gallery of Learning Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP N Se-Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2013/2014. Magistra 91(27): 70-78. Margono, Agus, Budiyono., dan Imam Sujadi. 2014. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa”. Jurnal Elektronik Wilujeng, Sri. 2013. “Peningkatan Keaktivan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams Games Tournaments (TGT)”. Jurnal of Elementary Education. 2(1): 45-53. | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7646 | |
dc.description.abstract | Bervariasinya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor , antara lain :
faktor strategi pembelajaran guru dan keaktivan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik yang diberi pembelajaran
dengan menerapkan strategi Teams Games Tournaments ( TGT) dan Numbered Heads Together (
NHT), (2) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari tingkat keaktifan belajar
matematika, dan (3) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari perbedaan
strategi pembelajaran dan tingkat keaktivan peserta didik dalam belajar matematika. Populasi dalam
penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam
penelitian ini yaitupeserta didik kelas XA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XA4 sebagai kelas
control. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan
data menggunakan angket dan tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu.
Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data
dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta
didik yang diberi pembelajaran dengan menerapkan strategi Teams Games Tournaments ( TGT) dan
Numbered Heads Together ( NHT), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik
ditinjau dari tingkat keaktifan belajar matematika, dan (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar
matematika pada peserta didik ditinjau dari perbedaan strategi pembelajaran dan tingkat keaktivan
peserta didik dalam belajar matematika. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Hasil Belajar | in_ID |
dc.subject | Keaktifan Belajar | in_ID |
dc.subject | Numbered Heads Together | in_ID |
dc.subject | Teams Games Tournaments | in_ID |
dc.title | Penerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi TGT dan NHT Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Peserta Didik | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |