Show simple item record

dc.contributor.authorSutami, Sri
dc.contributor.authorRosyidi, Agung
dc.date.accessioned2016-10-19T04:15:27Z
dc.date.available2016-10-19T04:15:27Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAmrozi, Soetarno, dan Suharno. 2014. Penerapan Pembelajaran Matematika dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI TSP SMK Negeri 1 Nganjuk. Jurnal Teknologi Pendidikan dan Pembelajaran 2(3): 295-310. Arikunto, Suharsimi. 2013. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Budiyono. 2009. Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. Khoirotunnisa,Anis Umi. 2015.Eksperimentasi Model Pembelajaran NHT dengan Gallery of Learning Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Lengkung ditinjau dari Adversity Quotient Siswa Kelas VIII SMP N Se-Kabupaten Bojonegoro Tahun Pelajaran 2013/2014. Magistra 91(27): 70-78. Margono, Agus, Budiyono., dan Imam Sujadi. 2014. “Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournaments dan Numbered Heads Together Ditinjau Dari Kecerdasan Emosional Siswa”. Jurnal Elektronik Wilujeng, Sri. 2013. “Peningkatan Keaktivan dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Teams Games Tournaments (TGT)”. Jurnal of Elementary Education. 2(1): 45-53.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7646
dc.description.abstractBervariasinya hasil belajar peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor , antara lain : faktor strategi pembelajaran guru dan keaktivan peserta didik dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik yang diberi pembelajaran dengan menerapkan strategi Teams Games Tournaments ( TGT) dan Numbered Heads Together ( NHT), (2) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari tingkat keaktifan belajar matematika, dan (3) perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari perbedaan strategi pembelajaran dan tingkat keaktivan peserta didik dalam belajar matematika. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X di SMA N 2 Sragen tahun ajaran 2015/2016. Sampel dalam penelitian ini yaitupeserta didik kelas XA1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XA4 sebagai kelas control. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan tes sebagai metode pokok dan dokumentasi sebagai metode bantu. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalur dengan sel tak sama. Hasil analisis data dengan taraf signifikansi 5% diperoleh: (1) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik yang diberi pembelajaran dengan menerapkan strategi Teams Games Tournaments ( TGT) dan Numbered Heads Together ( NHT), (2) Terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari tingkat keaktifan belajar matematika, dan (3) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar matematika pada peserta didik ditinjau dari perbedaan strategi pembelajaran dan tingkat keaktivan peserta didik dalam belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectHasil Belajarin_ID
dc.subjectKeaktifan Belajarin_ID
dc.subjectNumbered Heads Togetherin_ID
dc.subjectTeams Games Tournamentsin_ID
dc.titlePenerapan Pembelajaran Matematika Dengan Strategi TGT dan NHT Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Keaktifan Peserta Didikin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record