Identifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasar
Abstract
Usaha pemerintah untuk merespon terjadi penurunan moralitas kebangsaan,
khususnya generasi muda berupa kebijakan di bidang pendidikan dengan memasukkan nilainilai
pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah. Kebijakan ini direspon penerbit dengan
mengintegrasikan materi-materi pelajaran Sekolah Dasar, khususnya Pendidikan Agama
Islam, dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditetapkan pemerintah melalui Pusat
Kurikulum Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Respon
penerbit ini perlu diapresiasi dan dikritisi melalui penelitian yang mengkaji kesesuaian nilainilai
pendidikan karakter dalam buku teks pendidikan agama Islam (PAI) Sekolah Dasar
(SD) berdasarkan definisi dan isi yang ditetapkan Pusat Kurikulum, Balitbang Kementerian
Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia.
Usaha pengkajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada nilai-nilai
pendidikan karakter dalam buku PAI SD kelas I-VI terbitan Tiga Serangkai. Analisis data
dilakukan dengan metode content analysis. Validitas data hasil penelitian menggunakan
teknik triangulasi dengan teori.
Temuan penelitian menunjukkan bahwa subjektifitas pengarang buku PAI SD sangat
menentukan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikutip sehingga: 1) pembelajaran 18 nilai
karakter belum tercapai; 2) penjelasan nilai-nilai pendidikan karakter tidak meningkat sesuai
dengan jenjang kelas; 3) ketidakcermatan menyebabkan penjelasan tentang karakter tidak
tepat; 4) adanya nilai karakter lain yang tidak disebutkan sumbernya.