Show simple item record

dc.contributor.authorZainuddin, Almuntaqo
dc.date.accessioned2016-10-19T06:28:38Z
dc.date.available2016-10-19T06:28:38Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAmin, Maswardi Muhammad. 2011. Pendidikan Karakter Anak Bangsa. Jakarta: Baduose Media. Berkowitzs, M.W, and M Bier. 2005. What Works In Character Education: A Research-Driven Guide for Educators. Washington: Character Education Partnership. Crossan, Mary, Daina Mazutis, and Gerard Seijts. 2013. ―In Search of Virtue: The Role of Virtues, Values and Character Strengths in Ethical Decision Making.‖ Journal of Business Ethics 113(4): 567– 81. http://www.ivey.uwo.ca/cmsmedia/1106 886/Crossan-Mazutis-Seijts-In-Searchof-Virtue-JBE-2013.pdf. Darmadi, Hamid. 2009. Dasar Konsep Pendidikan Moral, Bandung. Bandung: Alfabeta. Dimerman, Sara. 2009. Chracter Is The Key. How to Unlock the Best In Our Children and Our Selves. Camada: John Wiley & Sons Canada, Ltd. Fachri, Moh. 2014. ―Urgensi Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter Bangsa.‖ at-turas 1(1). Gunawan, H. 2012. Pendidikan Karakter Konsep Dan Implementasi. Bandung: Alfabeta. Karyani, Usmi. 2011. ―Pendidikan Karakter Di Sekolah: Apakah Menjadikan AnakAnak Lebih Baik?‖ In Seminar Nasional Psikologi Islami: Aplikasi Psikologi Islam Dalam Pendidikan Karakter, Surakarta: Fak. Psikologi UMS, 176–82. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstrea m/handle/11617/ 1766/C6. Usmi-UMS %28fixed%29.pdf?sequence=1&isAllo wed=y. Lickona, Thomas. 1991. Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books. ———. 2004. Character Matters: How to Help Our Children Develop Good Judgment, Integrity, and Other Essential Virtues. Simon and Schuster. https://books.google.com/books?hl=en& lr=&id=DGgv8WaT370C&pgis=1 (April 20, 2016). Ling, L., and J. Stephenson. 1998. ―Introduction and Theoretical Perspectives.‖ In Values in Education, London: Routledge. Moleong, L. J. 2004. Metode Penelitian Kualitatif (Edisi Revisi). Bandung: Remaja Rosda Karya. Normawati. 2015. ―Nilai Pendidikan Karakter Dalam Buku Teks Pelajaran Bahasa Indonesia SMP Di Daerah Istimewa Yogyakarta.‖ Jurnal Pendidikan Karakter 5(1): 48–69. http://journal.uny.ac.id/index.php/jpka/ar ticle/ view/8612. Prayitno, Prayitno, and Belferik Manulang. 2011. Pendidikan Karaktter Dalam Pembangunan Bangsa. Jakarta: Grasindo. Raka, G. et al. 2011. Pendidikan Karakter Di Sekolah: Dari Gagasan Ke Tindakan. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo. Runes, Dagobert David. 1962. The Dictionary Of Philosophy. New York: Philosophical library. Salahudin, Anas, and Irwanto Alkrienciehie. 2013. Pendidikan Karakter: Pendidikan Berbasis Agama Dan Budaya Bangsa. Bandung: CV. Pustaka Setia. Sandler, Ronald. 2005. ―What Makes a Character Trait a Virtue?‖ The Journal of Value Inquiry 39(3): 383–97. http://link.springer.com/article/ 10.1007%2Fs10790-007-9014-7. Sofanudin, Aji. 2015. ―Internalisasi Nilai-Nilai Karakter Bangsa Melalui Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Pada SMA Eks-RSBI Di Tegal.‖ Jurnal SMaRT 1(2): 151–63. Stedje, L. 2010. Nuts and Bolts of Character Education. Oklahoma: Character First. Suparlan. 2012. Pendidikan Karakter. Jakarta: Hikayat. Thoha, HM. Chabib. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Wahono, Paulus. 2004. Nilai Etika Aksiologis Max Scheler. Yogyakarta: Kanisius. Wening, Sri. 2012. ―Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai.‖ Jurnal Pendidikan Karakter 2(1): 55–66. http://undana.ac.id/ jsmallfib_top/Jurnal/Pendidikan/Pendidi kan_2012/Pembentukan Karakter Bangsa Melalui Pendidikan Nilai.pdf. Wibowo, Agus. 2013. Manajemen Pendidikan Karakter Di Sekolah (Kosep Dan Praktik Implementasi). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7650
dc.description.abstractUsaha pemerintah untuk merespon terjadi penurunan moralitas kebangsaan, khususnya generasi muda berupa kebijakan di bidang pendidikan dengan memasukkan nilainilai pendidikan karakter dalam kurikulum sekolah. Kebijakan ini direspon penerbit dengan mengintegrasikan materi-materi pelajaran Sekolah Dasar, khususnya Pendidikan Agama Islam, dengan nilai-nilai pendidikan karakter yang ditetapkan pemerintah melalui Pusat Kurikulum Penelitian dan Pengembangan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Respon penerbit ini perlu diapresiasi dan dikritisi melalui penelitian yang mengkaji kesesuaian nilainilai pendidikan karakter dalam buku teks pendidikan agama Islam (PAI) Sekolah Dasar (SD) berdasarkan definisi dan isi yang ditetapkan Pusat Kurikulum, Balitbang Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. Usaha pengkajian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan fokus pada nilai-nilai pendidikan karakter dalam buku PAI SD kelas I-VI terbitan Tiga Serangkai. Analisis data dilakukan dengan metode content analysis. Validitas data hasil penelitian menggunakan teknik triangulasi dengan teori. Temuan penelitian menunjukkan bahwa subjektifitas pengarang buku PAI SD sangat menentukan nilai-nilai pendidikan karakter yang dikutip sehingga: 1) pembelajaran 18 nilai karakter belum tercapai; 2) penjelasan nilai-nilai pendidikan karakter tidak meningkat sesuai dengan jenjang kelas; 3) ketidakcermatan menyebabkan penjelasan tentang karakter tidak tepat; 4) adanya nilai karakter lain yang tidak disebutkan sumbernya.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectnilai pendidikan karakterin_ID
dc.subjectBuku Pelajaranin_ID
dc.subjectPAIin_ID
dc.subjectSDin_ID
dc.titleIdentifikasi Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Buku Pelajaran Agama Islam Sekolah Dasarin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record