Profile Of Daily Test Senior High School Biology Teacher Made of Muhammadiyah 1 Surakarta In 2015/2016 Academic Year
Abstract
Soal ulangan harian yang dibuat guru merupakan salah satu alat evaluasi dalam
pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kognitif taksonomi Bloom
soal ulangan harian dan kaidah penulisan soal yang benar buatan guru Biologi SMA Muhammadiyah 1
Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik
pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi soal ulangan harian buatan guru Biologi serta
wawancara kepada guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hasil penelitian diperoleh bahwa
soal ulangan harian buatan guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta memiliki gambaran
perbandingan soal mudah (55,5%): soal sedang (31,9%): soal sukar (12,6%). Kaidah penulisan soal
yang benar pada soal jawaban singkat (80%) dan soal uraian (76,2%) dikategorikan baik, sedangkan
soal yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan soal yang benar pada soal jawaban singkat (20%) dan
soal uraian (23,8%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal ulangan harian buatan guru
Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta didominasi soal mudah dan kaidah penulisan soal yang
benar pada soal jawaban singkat dikategorikan baik.