Show simple item record

dc.contributor.authorHariyatmi
dc.contributor.authorMarsiyah, Fitri
dc.date.accessioned2016-10-20T01:50:37Z
dc.date.available2016-10-20T01:50:37Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAmirulloh, D. 2014. “Analisis Soal SNMPTN Biologi Berdasarkan Domain Kognitif Taksonomi Bloom Revisi dan Profil Capaian Siswa SMA Kelas XII”. Jurnal Formica Education Online. Vol.1, No.1, Hal: 3. Januari 2014. Arifin, Z. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama. Arikunto, S. 2012. Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. Arti, E.P.N. 2015. Kemampuan Guru Mata Pelajaran Biologi dalam Pembuatan Soal HOT (Higher Order Thinking) di SMA Negeri 1 Wonosari Klaten. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Basuki, I dan Hariyanto. 2014. Asesmen Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya. Bogdan RC and Biklen SK. 1992. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods (2nd ed.). Boston, MA: Allyn and Bacon. Depdiknas. 2013. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 66 Tahun 2013. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional Republik Indonesia. _______. 2007. Panduan Penulisan Soal Pilihan Ganda. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang-Depdiknas. Djaali, H dan Muljono, P. 2007. Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo. Freahat, S., Smadi, O.,(2014), Lower-order and Higher-order Reading Questions in Secondary and University Level EFL Textbooks in Jordan , Theory and Practice in Language Studies, Vol. 4, No. 9, pp. 1804-1813, Herlianthy, S.L dan Purwanti, S.. 2012. Modul Konsep Penilaian Berbasis Kompetensi dan Pengembangan Instrumen Penilaian. Bandung: Pusat Pengembangan Pendidikan Nonformal Dan Informal Kementerian Pendidikan Nasional. Ibrahim, R dan Ali, M. 2009. Ilmu dan Aplikasi Pendidikan: Ilmu Pendidikan Teoritis. Bandung: Imperial Bhakti Utama. Kemendikbud. 2013. Rasional Pengembangan Kurikulum 2013. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. Lestari, I. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kompetensi (Sesuai dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan). Padang: Akademia. Lodang, H dan Bara, N.A.S. 2012. “Analisis Kesesuaian Antara Instrumen Evaluasi Formatif dengan Tujuan Kognitif Pembelajaran Biologi di SMP Watansoppeng”. Jurnal Bionature. Vol.13, No.2, Hal: 123-124. Oktober 2012. Majid, A. 2014. Penilaian Autentik Proses dan Hasil Belajar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Maulida., Muhibbuddin., dan Yusrizal. 2015. “Analisis Indeks Kesukaran dalam Pengembangan Item Tes pada Konsep Sel Tingat Sekolah Menengah Atas”. Jurnal Edubio Tropika. Vol.3, No.1, Hal: 44. April 2015. Nopitalia. 2010. Analisis Soal Tes Guru Biologi Madrasah Tsanawiyah Negeri Se-Jakarta Selatan Berdasarkan Aspek Kognitif Taksonomi Bloom. Skripsi. Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah Press. Nur’aeni. 2012. Tes Psikologi: Tes Intelegensi dan Tes Bakat. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah (UM) Purwokerto Press. Rasyid, H dan Mansur. 2009. Penilaian hasil Belajar. Bandung: CV Wacana Prima. Ratnaningsih, A, Widianti, T., Pukan, K.K. 2012. “Analisis Kualitas Soal-soal Try Out Ujian Nasional Mata Pelajaran IPA SMP di Kabupaten Banjarnegara”. Unnes Journal of Biology Education. Vol.2, No.1, Hal:37-38. Mei 2013. Riduwan. 2010. Belajar Mudah Penelitian Guru– Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta. Rosalina, S. 2014. Kemampuan Guru Mata Pelajaran IPA dalam Pembuatan Soal Ulangan di SMP Negeri 5 Purwodadi. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Saifuddin. 2014. Pengelolaan Pembelajaran Teoretis dan Praktis. Yogyakarta: Deepublish. Sary, Y. N. E. 2015. Buku Mata Ajar Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Deepublish. Sofiana, S. 2010. Analisis Butir Soal Ulangan Kenaikan Kelas Mata Pelajaran Kimia Kelas X SMA Negeri 8 Surakarta Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi. Surakarta: Universitas Sebelas Maret Surakarta. Sudaryono. 2012. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Graha Ilmu. Sufanti, M. 2012. Teori Evaluasi Pengajaran Bahasa dan Sastra Indonesia. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara. Supardi. 2015. Penilaian Autentik Pembelajaran Afektif, Kognitif, dan Psikomotor (Konsep dan Aplikasli). Jakarta: RajaGrafindo Persada. Suprananto dan Kusaeri. 2012. Pengukuran dan Penilaian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu. Supratiknya, A. 2012. Penilaian Hasil Belajar dengan Teknik Nontes. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma. Sutrisno, J. 2008. Penilaian Hasil Belajar Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktur Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. Suwandi, S. 2010. Model Assesmen dalam pembelajaran. Surakarta: Yuma Pustaka. Suyono dan Hariyanto. 2012. Belajar dan Pembelajaran Teori dan Konsep Dasar. Bandung: Remaja Rosdakarya. Warwanto, H. J. 2009. Pendidikan Religiositas: Gagasan, Isi, dan Pelaksanaannya: Yogyakarta: Kanisius. Widodo, A. 2006. Profil Pertanyaan Guru dan Siswa dalam Pembelajaran Sains (The feature of Theacers’ and Students’ Questions in Science Lessons). Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. Vol.4, No.2, Hal:139-148. Yaumi, M. 2013. Prinsip-prinsip Dasar Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group. Yusuf, M. 2015. Asesmen dan Evaluasi Pendidikan: Pilar Penyedia Informasi dan Kegiatan Pengendalian Mutu Pendidikan. Jakarta: Prenadamedia Group. Bogdan RC and Biklen SK. 1992. Qualitative Research for Education: an Introduction to Theory and Methods (2nd ed.). Boston, MA: Allyn and Bacon,in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7658
dc.description.abstractSoal ulangan harian yang dibuat guru merupakan salah satu alat evaluasi dalam pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran tingkat kognitif taksonomi Bloom soal ulangan harian dan kaidah penulisan soal yang benar buatan guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data dilakukan dengan dokumentasi soal ulangan harian buatan guru Biologi serta wawancara kepada guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta. Hasil penelitian diperoleh bahwa soal ulangan harian buatan guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta memiliki gambaran perbandingan soal mudah (55,5%): soal sedang (31,9%): soal sukar (12,6%). Kaidah penulisan soal yang benar pada soal jawaban singkat (80%) dan soal uraian (76,2%) dikategorikan baik, sedangkan soal yang tidak sesuai dengan kaidah penulisan soal yang benar pada soal jawaban singkat (20%) dan soal uraian (23,8%), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal ulangan harian buatan guru Biologi SMA Muhammadiyah 1 Surakarta didominasi soal mudah dan kaidah penulisan soal yang benar pada soal jawaban singkat dikategorikan baik.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectsoal ulanganin_ID
dc.subjectbuatan guruin_ID
dc.subjecttaksonomi Bloomin_ID
dc.subjectkaidah penulisanin_ID
dc.titleProfile Of Daily Test Senior High School Biology Teacher Made of Muhammadiyah 1 Surakarta In 2015/2016 Academic Yearin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record