Interpersonal Communication Of The Principal As Efforts To Develop Character Education
Abstract
Peran kepala sekolah yang profesional sangat menentukan tercapainya tujuan pendidikan
nasional, yaitu mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia seutuhnya. Hal ini tidak
lepas dari keberadaan para guru sebagai kolega dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di sekolah.
Penanaman nilai karakter yang diperankan oleh guru sangat menentukan keberlangsungan hidup calon
penerus bangsa di tengah lintasan perjalanan jaman dengan kemajuan teknologi yang semakin canggih
yang diikuti dengan perubahan dan pergeseran nilai. Keterampilan komunikasi interpersonal kepala
sekolah memberikan pengaruh terhadap kualitas kinerja guru. Nilai karakter yang dikembangkan
selama mengadakan komunikasi dengan guru dalam menjalankan fungsi kepemimpinannya sebagai
educator, manajer, administrator, supervisor, leader, inovator, dan motivator, akan terus mengalir
dalam pribadi seorang guru yang akan diwariskannya kepada siswa melalui kegiatan pembelajaran.
Dalam konteks tersebut, sangat diperlukan adanya pengkajian mengenai bagaimana keterampilan
komunikasi kepala sekolah yang profesional sebagai upaya untuk mengembangkan pendidikan
karakter.