Pengembangan Kampas Rem Sepeda Motor dari Komposit Serat Bambu, Fiberglass, Serbuk Aluminium Dengan Pengikat Resin Polyester Terhadap Kekerasan dan Ketahanan Aus
Abstract
Penelitian ini untuk menemukan komposisi bahan kampas rem yang optimal non asbes , yang
mempunyai karakteristik dinamik yang lebih baik. Komposisi di;akukan dari serat
bambu,fiberglass, serbuk aluminium, dengan pengikat poliester. Pengujian awal yang
dilakukan adalah kekerasan bahan dan keausan pada kondisi kering dan pembasahan air. Hasil
yang didapat adalah kampas rem dengan komposisi Variasi 1 adalah paling keras , dengan
harga kekerasan sebesar 14,47 BHN yang lebih keras dibanding produk di pasaran dengan
harga kekerasan 13,7 BHN. Pengujian Keausan Ogoshi pada kondisi kering maksimal
mempunyai nilai keausan yang paling rendah yaitu sebesar 0.00041mm
2
/kg. Untuk Pengujian
Keausan Ogoshi Kondisi basah dengan air, diperoleh bahwa, bahan kampas rem dengan
Variasi 1 paling rendah keausannya yaitu sebesar 0,0062 mm
2
/kg. Kondisi basah dengan oli,
diperoleh bahwa, bahan kampas rem dengan Variasi 2 paling rendah keausannya yaitu sebesar
0,0003 mm
2
/kg.