dc.identifier.citation | ASM Handbook, 1990. Friction Lubrication And Wear Technology. ASM International Volume 18, USA. Blau J. Peter, Compositions, Functions, and Testing of Friction Brake Materials and Their Additives, U.S. DEPARTMENT OF ENERGY, August 2001. F. Thumler, 1993. Powder Metalurgy. Institute Of Material, London. German, R.M., 1984. Powder Metallurgy Science. Metal Powder Industries Federation. Princeton, New Jersey. Imam Setiyanto, Pramuko, 2009. Pengaruh Variasi Temperatur Sintering Terhadap Ketahanan Aus Bahan Rem Gesek Sepatu. Laporan Tugas Akhir Fakultas Teknik Mesin UMS, Agustus 2009, Surakarta. Irfan, Pramuko, 2009, Pengaruh Variasi Tekanan Kompaksi Terhadap Ketahanan Kampas Rem Gesek Sepatu. Laporan Tugas Akhir Fakultas Teknik Mesin UMS, Agustus 2009, Surakarta. Kalpakjian, S., Schmid, Steven R., 2003, Manufacturing Processes for Engineering Materials, Fourth Edition, Illinois Institute of Technology,Chicago. Niemantsverdriet J. W. Chorkendorff, 2000. Concepts Of Modern Catalysis and Kinetics,Denmark and Netherlands Ogoshi High Speed Universal Wear Testing Machine ( Type OAT- U). Instruction Manual. Tokyo Testing Machine MFG. Co.,ltd. Japan. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini untuk menemukan komposisi bahan kampas rem yang optimal non asbes , yang
mempunyai karakteristik dinamik yang lebih baik. Komposisi di;akukan dari serat
bambu,fiberglass, serbuk aluminium, dengan pengikat poliester. Pengujian awal yang
dilakukan adalah kekerasan bahan dan keausan pada kondisi kering dan pembasahan air. Hasil
yang didapat adalah kampas rem dengan komposisi Variasi 1 adalah paling keras , dengan
harga kekerasan sebesar 14,47 BHN yang lebih keras dibanding produk di pasaran dengan
harga kekerasan 13,7 BHN. Pengujian Keausan Ogoshi pada kondisi kering maksimal
mempunyai nilai keausan yang paling rendah yaitu sebesar 0.00041mm
2
/kg. Untuk Pengujian
Keausan Ogoshi Kondisi basah dengan air, diperoleh bahwa, bahan kampas rem dengan
Variasi 1 paling rendah keausannya yaitu sebesar 0,0062 mm
2
/kg. Kondisi basah dengan oli,
diperoleh bahwa, bahan kampas rem dengan Variasi 2 paling rendah keausannya yaitu sebesar
0,0003 mm
2
/kg. | in_ID |