dc.contributor.author | Muthali’in, Achmad | |
dc.contributor.author | Yuliawati, Aninda Lilis | |
dc.date.accessioned | 2016-10-23T23:51:17Z | |
dc.date.available | 2016-10-23T23:51:17Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Adesoji dan Ibraheem. 2009. Effects of Student Team Achievement Divisions Strategy and Mathematics Knowlegde of Learning Outcomes in Chemical Kinetics. Uluslararasi Sosyal Ara_tirmalar Dergisi: the Journal of International School Reasearch Volume 2/6. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bakri, Noor Ms. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gumanti, Retno. 2014. “Penerapan Strategi Information Search Kombinasi Answer Gallery untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Khan dan Inamullah. 2011. Effect of Studen’s Team Achievement Division (STAD) on Academic Achievement of Students.Institute of Education & Research: University of Peshawar, Pakistan. Muhibbin, Ahmad. 2011. Pengembangan Strategi Pembelajaran Inovatif dengan Pendekatan Active Learning. Surakarta: FKIP UMS. Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual berdasarkan “SISKO” 2006. Jakarta: Grasindo. Nawawi, Hadari dan Martini Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Rachmawati, dkk. 2014. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selama ini. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan: Universitas Jember (UNEJ). Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tanjungsari, Kiki. 2011. “Perbandingan Pembelajaran Matematika antara Metode Discovery dan Metode Gallery Answer Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi S-1. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tatachar, Amulya, dkk. 2016. “Pharmacy students’ perception of learning and satisfaction with various active learning exercises”. Institute of Education & Research: Currents in Pharmacy Teaching and Learning Volume 8. Vitasari. 2014. “Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here kolaborasi Time Token untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7837 | |
dc.description.abstract | Kompetensi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn),
menyangkut dimensi pengetahuan, keterampilan, dan nilai (volues). Guna mengembangkan semua
kompetensi tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang mendukung, yaitu strategi pembelajaran
aktif-inovatif.
Namun beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran PPKn kebanyakan masih
mengunakan paradigma lama, guru masih fokus memberikan pengetahuan pada siswa, belum
mengembangkan dimensi keterampilan, dan nilai secara memadai. Di samping juga penyajiannya
masih konvensional dengan ceramah. Sehingga siswa cenderung pasif, belum mengembangkan
aktivitas siswa secara memadai.
Peneltian lebih lanjut menunjukkan proses pembelajaran PPKn yang mendorong siswa lebih aktif
dengan capaian kompetensi lebih baik, misalnya dengan menggunakan strategi pembelajaran potofolio
dan Problem Based Learning (PBL). Strategi pembelajaran ini mampu meningkatkan keaktifan siswa
dalam proses pembelajaran.
Penelitian yang sudah bisa mengaktifkan siswa tersebut merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas),
obyeknya terkait dengan kasus khusus di kelas tertentu dan untuk materi PPKn tertentu. Artinya
hasilnya tidak bisa digeneralisir untuk semua kelas dan semua materi PPKn, lebih khusus untuk semua
kompetensi dalam Pembelajaran PPKn. Karena itu perlu dirumuskan model proses pembelajaran yang mampu secara berimbang mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan nilai atau
sikap pada semua materi PPKn.
Berdasarkan penelitian sebelumnya (Yuliawati, 2015), dirumuskan model awal peningkatan aktivitas
belajar siswa dengan kombinasi awal Everyone is A Teacher Here dengan Anwer Gallery. Hasil uji
coba model awal (uji coba 1) memperlihatkan 42,86 % (12 dari 28) siswa aktif dalam proses
pembelajaran. Artinya aktivitas belajar siswa belum optimal. Berdasarkan pelaksanaan dan hasil uji
coba model awal tersebut, dilakukan penyempurnaan kegiatan proses pembelajaran dengan menambah
kegiatan yang belum ada. Diantaranya melengkapi dengan media pembelajaran yang lebih variatif dan
pemberian hadiah. Hasil penyempurnaan model tersebut kemudian diuji coba lanjutan (uji coba 2),
hasilnya 89 % (25 dari 28) siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran PPKn. Hasil uji coba model
2 jauh lebih baik dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Strategi Everyone is a Teacher Here | in_ID |
dc.subject | Answer Gallery | in_ID |
dc.subject | aktivitas belajar | in_ID |
dc.subject | PPKn | in_ID |
dc.subject | Kombinasi Strategi Pembelajaran | in_ID |
dc.title | Model Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa: Kombinasi Strategi Everyone Is A Teacher Here dengan Answer Gallery Pada Pembelajaran PPkn di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2016 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |