Show simple item record

dc.contributor.authorMuthali’in, Achmad
dc.contributor.authorYuliawati, Aninda Lilis
dc.date.accessioned2016-10-23T23:51:17Z
dc.date.available2016-10-23T23:51:17Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAdesoji dan Ibraheem. 2009. Effects of Student Team Achievement Divisions Strategy and Mathematics Knowlegde of Learning Outcomes in Chemical Kinetics. Uluslararasi Sosyal Ara_tirmalar Dergisi: the Journal of International School Reasearch Volume 2/6. Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta. Bakri, Noor Ms. 2009. Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Gumanti, Retno. 2014. “Penerapan Strategi Information Search Kombinasi Answer Gallery untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VII B SMP Negeri 3 Mojosongo Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakarta. Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia. Khan dan Inamullah. 2011. Effect of Studen’s Team Achievement Division (STAD) on Academic Achievement of Students.Institute of Education & Research: University of Peshawar, Pakistan. Muhibbin, Ahmad. 2011. Pengembangan Strategi Pembelajaran Inovatif dengan Pendekatan Active Learning. Surakarta: FKIP UMS. Nasar. 2006. Merancang Pembelajaran Aktif dan Kontekstual berdasarkan “SISKO” 2006. Jakarta: Grasindo. Nawawi, Hadari dan Martini Hadari. 1992. Instrumen Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Rachmawati, dkk. 2014. Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan selama ini. Fakultas Keguruan dan ilmu Pendidikan: Universitas Jember (UNEJ). Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. Tanjungsari, Kiki. 2011. “Perbandingan Pembelajaran Matematika antara Metode Discovery dan Metode Gallery Answer Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas IV SD Negeri Karangmojo 01 Tahun Ajaran 2010/2011”. Skripsi S-1. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta. Tatachar, Amulya, dkk. 2016. “Pharmacy students’ perception of learning and satisfaction with various active learning exercises”. Institute of Education & Research: Currents in Pharmacy Teaching and Learning Volume 8. Vitasari. 2014. “Penerapan Strategi Everyone is a Teacher Here kolaborasi Time Token untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan pada Siswa Kelas VIII B SMP Negeri 1 Nogosari Kabupaten Boyolali Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian Tindakan Kelas. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7837
dc.description.abstractKompetensi mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKn), menyangkut dimensi pengetahuan, keterampilan, dan nilai (volues). Guna mengembangkan semua kompetensi tersebut diperlukan strategi pembelajaran yang mendukung, yaitu strategi pembelajaran aktif-inovatif. Namun beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa proses pembelajaran PPKn kebanyakan masih mengunakan paradigma lama, guru masih fokus memberikan pengetahuan pada siswa, belum mengembangkan dimensi keterampilan, dan nilai secara memadai. Di samping juga penyajiannya masih konvensional dengan ceramah. Sehingga siswa cenderung pasif, belum mengembangkan aktivitas siswa secara memadai. Peneltian lebih lanjut menunjukkan proses pembelajaran PPKn yang mendorong siswa lebih aktif dengan capaian kompetensi lebih baik, misalnya dengan menggunakan strategi pembelajaran potofolio dan Problem Based Learning (PBL). Strategi pembelajaran ini mampu meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian yang sudah bisa mengaktifkan siswa tersebut merupakan PTK (Penelitian Tindakan Kelas), obyeknya terkait dengan kasus khusus di kelas tertentu dan untuk materi PPKn tertentu. Artinya hasilnya tidak bisa digeneralisir untuk semua kelas dan semua materi PPKn, lebih khusus untuk semua kompetensi dalam Pembelajaran PPKn. Karena itu perlu dirumuskan model proses pembelajaran yang mampu secara berimbang mengembangkan kompetensi pengetahuan, keterampilan, dan nilai atau sikap pada semua materi PPKn. Berdasarkan penelitian sebelumnya (Yuliawati, 2015), dirumuskan model awal peningkatan aktivitas belajar siswa dengan kombinasi awal Everyone is A Teacher Here dengan Anwer Gallery. Hasil uji coba model awal (uji coba 1) memperlihatkan 42,86 % (12 dari 28) siswa aktif dalam proses pembelajaran. Artinya aktivitas belajar siswa belum optimal. Berdasarkan pelaksanaan dan hasil uji coba model awal tersebut, dilakukan penyempurnaan kegiatan proses pembelajaran dengan menambah kegiatan yang belum ada. Diantaranya melengkapi dengan media pembelajaran yang lebih variatif dan pemberian hadiah. Hasil penyempurnaan model tersebut kemudian diuji coba lanjutan (uji coba 2), hasilnya 89 % (25 dari 28) siswa aktif terlibat dalam proses pembelajaran PPKn. Hasil uji coba model 2 jauh lebih baik dalam meningkatkan aktivitas siswa dalam proses pembelajaran.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectStrategi Everyone is a Teacher Herein_ID
dc.subjectAnswer Galleryin_ID
dc.subjectaktivitas belajarin_ID
dc.subjectPPKnin_ID
dc.subjectKombinasi Strategi Pembelajaranin_ID
dc.titleModel Peningkatan Aktivitas Belajar Siswa: Kombinasi Strategi Everyone Is A Teacher Here dengan Answer Gallery Pada Pembelajaran PPkn di SMP Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun 2016in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record