Show simple item record

dc.contributor.authorSulistiyono, Roni
dc.date.accessioned2016-10-24T00:15:18Z
dc.date.available2016-10-24T00:15:18Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationKemendikbud. 2013. “Panduan Penguatan Proses Pembelajaran Sekolah Menengah Pertama”. Modul. Tidak diterbitkan. Kemendikbud. 2016. Pedoman Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Modul. Tidak diterbitkan. Kemendikbud. 2016. Silabus Mata Pelajaran Bahasa Indonesia SMA/MA/SMK/MAK. Jakarta: Kemendikbud. Maryanto, dkk. 2013. Bahasa Indonesia Ekspresi Diri dan Akademik. Jakarta: Kemendikbud. Permendikbud No. 21 tahun 2016 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Permendikbud No. 22 tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Priyatni, Endah Tri. 2015. Desain Pembelajaran Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksara.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7839
dc.description.abstractImplementasi kurikulum 2013 menitikberatkan pada peran guru sebagai fasilitator. Peran guru sebagai fasilitator dituntut memiliki kreativitas dalam menyediakan fasilitas pembelajaran. Kreativitas itu misalnya dalam hal pemilihan strategi, media, teknik, dan model pembelajaran. Tujuannya agar peserta didik memiliki rasa senang dan nyaman dalam mengikuti pembelajaran. Sementara itu, karakteristik kurikulum 2013 bagi peserta didik adalah dituntut untuk aktif mencari tahu, bukan aktif diberi tahu sehingga pusat pembelajaran terjadi pada peserta didik. Oleh karena itu, strategi pembelajaran yang dipilih oleh guru pun harus mampu membangkitkan rasa nyaman, senang, dan memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk aktif mencari tahu. Salah satu strategi pembelajaran yang terpusat pada siswa, mampu membangkitkan rasa ingin tahu peserta didik, dan mampu memberikan rasa senang adalah model pembelajaran berbasis proyek (project based learning). Melalui model pembelajaran ini, peserta didik dapat terjun langsung dalam proyek pembelajaran sesuai dengan materi atau kompetensi dasar yang akan diajarkan. Misalnya, model pembelajaran ini dilakukan dalam pembelajaran teks negosiasi, peserta didik dapat terlibat langsung dalam proyek bernegosiasi.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectteks negosiasiin_ID
dc.subjectproject based learningin_ID
dc.titlePembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) pada Teks Negosiasiin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record