dc.contributor.author | Fitriyani, Harina | |
dc.contributor.author | Khasanah, Uswatun | |
dc.date.accessioned | 2016-10-24T23:48:49Z | |
dc.date.available | 2016-10-24T23:48:49Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Al Jupri, dkk. (2007). Pengembangan Desain pembelajaran Matematika Realistik untuk Menumbuhkembangkan Kemampuan Pemecahan masalah dan Komunikasi Matematika siswa kelas VIII H SMP 22 Bandung. Bandung : Laporan Penelitian Kementerian pendidikan dan kebudayaan, (2003). Materi pelatihan guru implementasi kurikulum 2013 (SMA Matematika). Jakarta : Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan dan Kebudayaan dan Penjaminan Mutu Pendidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. NCTM. (2000.) Principles and standards for school mathematics. Reston, VA: Author Shadiq, F. (2000). Investigasi dalam Kegiatan Mengajar Matematika. Jurnal Gentengkali, Edisi 5 Tahun III, p. 35 – 37. Sugiono, (2006). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan kualitatif, kuantitaif, dan R&D). Bandung : Alfa Beta. Setiawan, (2006). Model Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Investigasi. Yogyakarta : P3G Matematika Wardhani, S. (2013). Tantangan mengelola lima pengalaman belajar pokok siswa dalam proses pembelajaran kurikulum 2013 bagi guru matematika. Yogyakarta : Makalah disampaikan pada seminar Pendidikan matematika di UAD pada tanggal 22 Desember 2013. High Order Thinking Skill diunduh dari http://cd1.edb.hkedcity.net/cd/maths/en/r ef_res/material/hots_e/5Skill e.pdf pada 4 des 2014 pukul 11.54 | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7856 | |
dc.description.abstract | Pada pembelajaran matematika di Perguruan Tinggi, kemampuan komunikasi perlu
dihadirkan secara intensif agar mahasiswa terlibat aktif dalam pembelajaran. Mahasiswa calon guru
perlu dibekali kemampuan komunikasi matematis yang baik supaya nantinya mampu melatihkan
dan mengajar matematika dengan baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatan kemampuan
komunikasi matematis mahasiswa calon guru melalui pembelajaran investigasi pada mata kuliah
Analisis Regresi. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek dalam
penelitian ini adalah mahasiswa calon guru semester VI Program Studi Pendidikan Matematika
kelas unggulan FKIP UAD Tahun akademik 2014/2015 yang berjumlah 16 orang. Penelitian ini
dilaksanakan dalam dua siklus dengan masing-masing siklus terdiri dari tiga tahapan yaitu
perencanaan, pelaksanaan dan pengamatan/observasi, refleksi. Dari hasil siklus kedua diperoleh
bahwa terdapat peningkatan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa calon guru selama
pembelajaran mata kuliah Analisis Regresi dibandingkan siklus pertama. Hal ini dapat dilihat dari
hasil tes tertulis kemampuan komunikasi matematis mahasiswa yang menunjukkan adanya
peningkatan dari siklus I yakni 81,25% menjadi 87,5% pada siklus II dengan kategori tinggi, serta
hasil observasi kemampuan komunikasi matematis mahasiswa secara lisan yang juga menunjukan
adanya peningkatan yaitu 53,13% pada siklus I dengan kategori sedang meningkat menjadi 95,83%
pada siklus II dengan kategori tinggi. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | Komunikasi matematis | in_ID |
dc.subject | mahasiswa calon guru | in_ID |
dc.subject | pembelajaran investigasi | in_ID |
dc.title | Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Mahasiswa Calon Guru Melalui Pembelajaran Investigasi | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |