Peran Pendidik Sebagai Role Model Dalam Pengembangan Karakter Peserta Didik
Abstract
Tulisan artikel ini bertujuan untuk memaparkan secara ringkas peran pendidik sebagai role
model dalam pembangunan dan pengembangan karakter positif peserta didik pada kegiatan
pembelajaran baik yang dilakasanakan secara formal di dalam kelas maupun dalam interaksi nonformal
dilingkungan
sekolah
atau
kampus.
Pendidikan
sebagai
salah
aspek
penting
dalam
membangun
dan mengembangkan karakter peserta didik harus mampu diberdayakan untuk menghasilkan generasi
muda yang berpendidikan dan berkepribadian mulia. Dengan kata lain, pendidikan tidak hanya sekedar
untuk menyampaikan materi pembelajaran dimana tujuannya difokuskan hanya kepada keterampilan
(skill) peserta didik. Lebih jauh, pendidikan harus mampu membangun aspek kehidupan peserta didik
yang lebih mendasar, yakni berupa pembangunan karakter seperti; kejujuran, disiplin, harga diri,
tanggung jawab, menghormati diri sendiri dan orang lain, dan dapat dipercaya, yang sangat
berpengaruh terhadap sikap peserta didik dalam membangun hubungan yang baik dengan teman
sekelas, guru atau dosen, keluarga dan lingkungan. Dalam hal ini, pendidik memiliki tanggung jawab
yang mulia untuk memelihara pendidikan, dan membangun sikap siswa. Peran pendidik sebagai role
model bagi peserta didik harus tercermin melalui proses belajar mengajar. Hasilnya, kegiatan
pembelajaran akan berdampak pada peningkatan prestasi belajar dan pengembangan sosial, emosional,
dan etika peserta didik.