Penerapan Classroom Language dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMP
Abstract
Pembelajaran bahasa Inggris di SMP bertujuan agar peserta didik dapat mencapai
tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari hari. Ini berarti bahwa siswa harus mampu mendengar, berbicara, membaca dan menulis bahasa
Inggris untuk berkomunikasi secara sederhana dalam konteks keseharian mereka. Tujuan ini tidak
berbanding lurus dengan kenyataan di kelas bahasa Inggris di SMP. Sebagian besar siswa masih
mengalami masalah dalam belajar bahasa Inggris. Mereka masih belum mampu berkomunikasi
kepada guru atau sesama siswa dengan menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan kondisi tersebut,
guru menerapkan classroom language untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa strategi
yang dilakukan dalam menerapkan classroom language, yaitu berbicara lebih lambat, menggunakan
jeda, mengubah pengucapan, memodifikasi kosakata, menyederhanakan tatabahasa, dan
menggunakan konteks keseharian. Hasil yang diharapkan adalah motivasi siswa meningkat, suasana
kelas aktif, kosakata siswa bertambah, siswa berani berbicara bahasa Inggris di kelas dan di luar
kelas dan nilai bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian, classroom language
adalah cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dan
disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menggunakan classroom language sebagai alternatif
untuk mengatasi masalah siswa dalam belajar bahasa Inggris.