Show simple item record

dc.contributor.authorSaragih, Mandra
dc.date.accessioned2016-10-25T01:43:56Z
dc.date.available2016-10-25T01:43:56Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationBrown, HD. (2001). Teaching By Principles: An Interactive Approach to Language Pedagogy. 2nd second edition. New York:Addison Wesley Longman. Chaudron, Craig. (1998). Second Language Classroom. Cambridge: Cambridge University Press. Indriyati and Linawati. (2011). Classroom Language: Supplement Module MGMP – BERMUTU. P4TK Bahasa.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7860
dc.description.abstractPembelajaran bahasa Inggris di SMP bertujuan agar peserta didik dapat mencapai tingkat functional yakni berkomunikasi secara lisan dan tulis untuk menyelesaikan masalah sehari hari. Ini berarti bahwa siswa harus mampu mendengar, berbicara, membaca dan menulis bahasa Inggris untuk berkomunikasi secara sederhana dalam konteks keseharian mereka. Tujuan ini tidak berbanding lurus dengan kenyataan di kelas bahasa Inggris di SMP. Sebagian besar siswa masih mengalami masalah dalam belajar bahasa Inggris. Mereka masih belum mampu berkomunikasi kepada guru atau sesama siswa dengan menggunakan bahasa Inggris. Berdasarkan kondisi tersebut, guru menerapkan classroom language untuk mengatasi masalah tersebut. Ada beberapa strategi yang dilakukan dalam menerapkan classroom language, yaitu berbicara lebih lambat, menggunakan jeda, mengubah pengucapan, memodifikasi kosakata, menyederhanakan tatabahasa, dan menggunakan konteks keseharian. Hasil yang diharapkan adalah motivasi siswa meningkat, suasana kelas aktif, kosakata siswa bertambah, siswa berani berbicara bahasa Inggris di kelas dan di luar kelas dan nilai bahasa Inggris siswa mengalami peningkatan. Dengan demikian, classroom language adalah cara yang efektif untuk mengatasi permasalahan siswa dalam belajar bahasa Inggris. Dan disarankan bagi guru bahasa Inggris untuk menggunakan classroom language sebagai alternatif untuk mengatasi masalah siswa dalam belajar bahasa Inggris.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectClassroom languagein_ID
dc.subjectPembelajaran Bahasa Inggrisin_ID
dc.titlePenerapan Classroom Language dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record