Show simple item record

dc.contributor.authorPrabowo, Anggit
dc.date.accessioned2016-10-25T02:32:50Z
dc.date.available2016-10-25T02:32:50Z
dc.date.issued2016-08-03
dc.identifier.citationAllen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measuremenr theory. California: Grooks/ Cole Publishing Company Monterey. Evroro. (2015). Item analysis of test of number operations. Asian Journal of Educational Research. Vol. 3, No. 1, 2015., pp: 25. Fernandes, H. J. X. (1984). Testing and Measurement. Jakarta: Planning, Evaluation, and Development. Instructional Assessment Resources. (2011). Item analysis. Diunduh pada 9 November 2013 dari University of Texas at Austin, Instructional Assessment Resources, IAR Web:http://www.utexas.edu/academic/ct l/assessment/iar/students/report/itemanal ysis.php Kerlinger, F.N. (1993). Asas-asas Penelitian Behavior. Terjemahan Oleh: Landung R. Simatupang. Yogyakarta: UGM Pers. El-Uri, F.I & Malas, N. (2013). Analysis of Use of A Single Best Answer Format in An Undergraduate Medical Examination. Qatar Medical Journal 2013:1. Le, L.T. (2012). Item Point-biserial Discrimination. Diunduh pada 29 November 2013 dari Australian Council of Educational Research Web site: http://www.acer.edu.au/documents/Con quest-Notes-5- ItemPointBiserialDiscrimination.pdf Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset. Ovwigho, B.O.(2013). Empirical Demonstration of Techniques for Computing the Discrimination Power of a Dichotomous Item Response Test. IOSR Journal of Research and Method in Education 2013; 3(2): 12-17 Sabri. (2013). Item Analysis Of Student Comprehensive Test For Research In Teaching Beginner String Ensemble Using Model Based Teaching Among Music Students In Public Universities . International Journal of Education and Research . Vol. 1 No. 12 December 2013 , pp: 1-14. Reynolds, C. R., Livingston, R. B., & Willson, V. (2010). Measurement and assessment in education. Boston, MA: Allyn and Bacon.in_ID
dc.identifier.isbn978-602-361-045-7
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/7863
dc.description.abstractPenelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik butir soal ujian akhir semester mata kuliah analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan ekpost facto dengan pendekatan kuantitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah respons mahasiswa terhadap instrumen tes ujian akhir semester untuk mata kuliah analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan bulan Juni 2016. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes ujian akhir semester mata kuliah analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA. Data yang diperoleh dari hasil tes dianalisis secara kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Software ITEMAN. Hasil penelitian menunjukkan dari 50 butir soal UAS mata kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika SMA, terdapat 31 butir yang terkategori terlalu mudah, 16 butir yang terkategori sedang, dan 3 butir yang terkategori terlalu sukar. Untuk daya beda butir, dari 50 butir terdapat 36 butir yang memiliki daya beda yang baik, 14 butir yang memiliki daya beda yang tidak baik. Untuk keberfungsian pengecoh, 170 pengecoh berfungsi dengan baik sedangkan 30 pengecoh tidak berfungsi dengan baik. Koefisien reliabilitas tes adalah sebesar 0,7.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherMuhammadiyah University Pressin_ID
dc.subjectkarakteristik butirin_ID
dc.subjectanalisis butirin_ID
dc.subjectanalisis kurikulumin_ID
dc.subjectmateri pembelajaran matematika SMAin_ID
dc.titleAnalisis Butir Soal Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran Matematika SMAin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record