dc.identifier.citation | Allen, M. J., & Yen, W. M. (1979). Introduction to measuremenr theory. California: Grooks/ Cole Publishing Company Monterey. Evroro. (2015). Item analysis of test of number operations. Asian Journal of Educational Research. Vol. 3, No. 1, 2015., pp: 25. Fernandes, H. J. X. (1984). Testing and Measurement. Jakarta: Planning, Evaluation, and Development. Instructional Assessment Resources. (2011). Item analysis. Diunduh pada 9 November 2013 dari University of Texas at Austin, Instructional Assessment Resources, IAR Web:http://www.utexas.edu/academic/ct l/assessment/iar/students/report/itemanal ysis.php Kerlinger, F.N. (1993). Asas-asas Penelitian Behavior. Terjemahan Oleh: Landung R. Simatupang. Yogyakarta: UGM Pers. El-Uri, F.I & Malas, N. (2013). Analysis of Use of A Single Best Answer Format in An Undergraduate Medical Examination. Qatar Medical Journal 2013:1. Le, L.T. (2012). Item Point-biserial Discrimination. Diunduh pada 29 November 2013 dari Australian Council of Educational Research Web site: http://www.acer.edu.au/documents/Con quest-Notes-5- ItemPointBiserialDiscrimination.pdf Mardapi, D. (2008). Teknik penyusunan instrumen tes dan nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia Offset. Ovwigho, B.O.(2013). Empirical Demonstration of Techniques for Computing the Discrimination Power of a Dichotomous Item Response Test. IOSR Journal of Research and Method in Education 2013; 3(2): 12-17 Sabri. (2013). Item Analysis Of Student Comprehensive Test For Research In Teaching Beginner String Ensemble Using Model Based Teaching Among Music Students In Public Universities . International Journal of Education and Research . Vol. 1 No. 12 December 2013 , pp: 1-14. Reynolds, C. R., Livingston, R. B., & Willson, V. (2010). Measurement and assessment in education. Boston, MA: Allyn and Bacon. | in_ID |
dc.description.abstract | Penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi karakteristik butir soal ujian akhir semester
mata kuliah analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA pada Program Studi
Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Ahmad Dahlan
Yogyakarta tahun ajaran 2015/2016. Jenis penelitian ini adalah penelitian dengan ekpost facto dengan
pendekatan kuantitatif deskriptif. Objek penelitian ini adalah respons mahasiswa terhadap instrumen tes
ujian akhir semester untuk mata kuliah analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA
pada Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas
Ahmad Dahlan tahun ajaran 2015/2016. Penelitian dilaksanakan pada bulan Januari sampai dengan
bulan Juni 2016. Instrumen yang digunakan adalah perangkat tes ujian akhir semester mata kuliah
analisis kurikulum dan materi pembelajaran matematika SMA. Data yang diperoleh dari hasil tes
dianalisis secara kuantitatif deskriptif dengan menggunakan Software ITEMAN. Hasil penelitian
menunjukkan dari 50 butir soal UAS mata kuliah Analisis Kurikulum dan Materi Pembelajaran
Matematika SMA, terdapat 31 butir yang terkategori terlalu mudah, 16 butir yang terkategori sedang,
dan 3 butir yang terkategori terlalu sukar. Untuk daya beda butir, dari 50 butir terdapat 36 butir yang
memiliki daya beda yang baik, 14 butir yang memiliki daya beda yang tidak baik. Untuk keberfungsian
pengecoh, 170 pengecoh berfungsi dengan baik sedangkan 30 pengecoh tidak berfungsi dengan baik.
Koefisien reliabilitas tes adalah sebesar 0,7. | in_ID |