Penggunaan Media Komik Melalui Metode Learning Starts With A Question Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
View/ Open
Date
2016-08-03Author
Lubis, Henny Zurika
Hasanah, Rodiatul
Metadata
Show full item recordAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar akuntansi siswa melalui
penggunaan media komik melalui Learning Starts With A Question pada pokok bahasan menyusun
laporan keuangan. Adapun instrumen yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini
adalah tes dan observasi. Tes yang digunakan adalah tes bentuk tes uraian (essay test) dengan beberapa
soal setiap siklus. Observasi yang dilakukan dalam penelitian ini ditujukan untuk mengetahui
kemampuan siswa yang terlihat dari aktivitas siswa dalam proses belajar mengajar dengan
menggunakan media yang telah diterapkan selama proses pembelajaran. Adapun objek penelitian ini
adalah 35 siswa yang terdiri dari 22 orang perempuan dan 13 laki-laki. Berdasarkan hasil penelitian,
maka diperoleh hasil yang menunjukkan bahwa pada saat siklus I dengan menggunakan media komik
melalui metode Learning Starts With A Question bahwa 20 siswa (57,14%) yang tuntas dengan ratarata
66,8.
Sedangkan
pada
siklus
II
sebayak
32
siswa
(91,43%)
yang
tuntas
dengan
rata-rata
78,31.
Hal ini menunjukan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 34,29% dari siklus I ke
siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media komik melalui metode
Learning Starts With A Question dapat meningkatkan hasil belajar siswa