dc.contributor.author | Rahayu, Putri Pangesti | |
dc.contributor.author | Suwarno, S | |
dc.date.accessioned | 2016-10-25T04:07:30Z | |
dc.date.available | 2016-10-25T04:07:30Z | |
dc.date.issued | 2016-08-03 | |
dc.identifier.citation | Anantasari. 2006. Menyikapi Perilaku Agresif Anak. Yogyakarta: Kanisius. Azmira, Via. 2015. A Gift: Anak Hiperaktif- Memahami, Mendeteksi, Terapi, dan Pola Asuh yang Tepat Bila Memiliki Anak Hiperaktif. Yogyakarta: Rapha Publishing. Baihaqi, MIF dan M. Sugiarmin. 2008. Memahami dan Membantu Anak ADHD. Bandung: PT Refika Aditama. Green, Andrea L. and Rabiner, David L. 2012. “What Do We Really Know About ADHD In College Students?”. Journal of Neurotherapeutics, Juli 2012, Vol. 9, Issue 3, pp.559-568. Moleong, Lexi J. 2007. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Utami, Tri dan Elis Hartati. 2012. “Pengalaman Ibu Mengasuh Anak Dengan Resiko GPPH”. Jurnal Keperawatan Diponegoro. Vol. 1, No.1. diakses pada 01 Desember 2015. Zachor, Hodgens and Patterson. 2009. “Treatment of Attention Deficit/ Hyperactivity Disorder (ADHD)”. Journal of Behavioral Sciences, pp. 139181. Zaviera, Ferdinand. 2007. Anak Hiperaktif Cara Cerdas Menghadapi Anak Hiperaktif dan Gangguan Konsentrasi. Yogyakarta: Katahati | in_ID |
dc.identifier.isbn | 978-602-361-045-7 | |
dc.identifier.uri | http://hdl.handle.net/11617/7872 | |
dc.description.abstract | Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) perilaku anak hiperaktif di kelas III
SD Muhammadiyah 5 Surakarta, (2) faktor-faktor yang menyebabkan anak hiperaktif di kelas III
SD Muhammadiyah 5 Surakarta, (3) upaya dalam mengatasi anak hiperaktif di kelas III SD
Muhammadiyah 5 Surakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Subjek dalam penelitian
ini adalah kepala sekolah, guru yang mengajar di kelas III, anak hiperaktif di kelas III, dan orang
tua. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi,
dan catatan lapangan. Teknik analisis yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan analisis
interaktif yang terdiri dari tiga komponen analisis, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan
kesimpulan atau verification. Penelitian ini diawali dengan tahap persiapan, pelaksanaan penelitian,
penyusunan laporan dan diakhiri dengan pelaporan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku
Radit sebagai anak hiperaktif, antara lain: sering mengganggu teman yang lain, tidak mau diatur,
sering meninggalkan tempat duduk saat pembelajaran, dan sering tidak menyelesaikan tugas yang
telah dikerjakan. Sedangkan perilaku Leo sebagai anak hiperaktif, antara lain: memiliki tempramen
yang tinggi, sering menyakiti orang lain, sering meninggalkan tempat duduk saat pembelajaran, dan
manja. Perilaku-perilaku tersebut disebabkan oleh faktor lingkungan rumah atau keluarga. melalui
kegiatan wawancara dengan orang tua dari kedua anak tersebut bahwa orang tua Radit sering
memberikan kekerasan fisik maupun perkataan saat membimbing anak, sedangkan orang tua Leo
sering memanjakan dan menuruti keinginan anak. Perilaku anak hiperaktif yang disebabkan oleh
faktor tersebut dapat diatasi dengan beberapa upaya antara lain: diberi teguran saat melakukan
kesalahan, memberikan sanksi sesuai kemampuan anak, tidak perlu memberikan kekerasan saat
membimbing anak hiperaktif. | in_ID |
dc.language.iso | id | in_ID |
dc.publisher | Muhammadiyah University Press | in_ID |
dc.subject | hiperaktif | in_ID |
dc.subject | penyebab hiperaktif | in_ID |
dc.subject | upaya mengatasi hiperaktif | in_ID |
dc.title | Analisis Tentang Anak Hiperaktif dan Upaya Mengatasinya Pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 5 Surakarta Tahun Ajaran 2015/2016 | in_ID |
dc.type | Article | in_ID |