dc.identifier.citation | A Parasuraman, V.A. Zeithaml, and L. L. Berry, (1988), "ServQual: A multiple-item scale for measuring consumer perceptions of service quality," Journal of retailing, vol. 64, pp. 12-40. Directorat e-Government. (2016) Pemeringkatan e-Government Indonesia (PeGI). [Online]. HYPERLINK http://pegi.layanan.go.id Jogiyanto, (2008), “Metodologi Penelitian Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset. Jogiyanto, (2011), “Konsep dan Aplikasi Structural Equation Modeling (SEM)”. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan STIM YKPN Yogyakarta. J. M. Hartono, (2011). “Metodologi Penelitian Sistem Informasi”. Yogyakarta: Andi Offset, 2008. J. F. J. Hair, W. C. Lack, B.. J. Babin,R. E. Anderson, and R. L. Tatham, (2008), “Multivariate Data Analiysis”. New York: Pearson Prentice Hall. Presiden Republik Indonesia (2003), Intruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 3: Kebijakan dan Strategi Nasional Pengembangan E-government S. J. Barnes, K Liu, and R. T. Vidgen, (2001), "Evaluating WAP news sites: TheWebQual/ M approach, in global cooperation in the millenium," in Proceedings of the Ninth European Conference on Information Sytem , Bled, Slovenia. Xenia Papadomichelaki and Gregoris Mentzas, (2011)"e-GovQual: A multiple- item scale for assesing egovernment service quality," Elsevier, pp. 98-109. | in_ID |
dc.description.abstract | Pemerintah Kota Yogyakarta menerapkan strategi peningkatan pelayanan umum, komunikasi dan
informasi dengan mengembangkan teknologi informasi dan aplikasi telematika dalam rangka egovernment.
Salah satu implementasi e-government oleh Pemerintah Kota Yogyakarta adalah situs
website resmi Pemerintah Kota Yogyakarta. Pengimplementasian layanan e-goverment melalui situs
resmi pemerintah Kota Yogyakarta dinilai berhasil. Pengimplementasian layanan e-goverment
melalui situs resmi pemerintah Kota Yogyakarta dinilai berhasil. Hal ini terbukti dengan hasil
penilaian PeGI bahwa sistem e-government Pemerintah Kota Yogyakarta berhasil menduduki
peringkat pertama. Guna meningkatkan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat melalui egovernment,
maka diperlukan feedback terhadap pihak Pemerintah Kota Yogyakarta, yaitu dengan
melakukan analisis kualitas layanan website Pemerintah Kota Yogyakarta terhadap persepsi
pengguna akhir. Pada penelitian ini menggunakan metode E-GovQual untuk mengukur kualitas
layanan e-government. Jumlah sampel adalah 90 responden. Analisis yang digunakan adalah analisis
dekriptif hasil kuesioner, uji validitas, reliabilitas, dan uji hipotesis.
Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa dimensi citizen support, content and appreance of
information, reability, functionality of the interaction environment, trust, dan dimensi ease of use
berpengaruh terhadap kualitas layanan e-government. Kualitas layanan e-government berpengaruh
terhadap kepuasan pengguna website, kualitas layanan e-government berpengaruh terhadap
intensitas pengguna website dan kepuasan pengguna website berpengaruh terhadap intensitas
penggunaan website Pemerintah Kota Yogyakarta. Guna meningkatkan kepuasan pengguna terhadap
website Pemerintah Kota Yogyakarta, perlu ditambahkan fitur peta situs dan persetujuan tertulis
(Level of Agreement) antara pihak pengelola dan pengguna layanan website tentang aturan atau
pedoman dalam penggunaan website Pemerintah Kota Yogyakarta. | in_ID |