Show simple item record

dc.contributor.authorHidayat, Togik
dc.contributor.authorBasuki, Minto
dc.date.accessioned2017-05-02T01:12:30Z
dc.date.available2017-05-02T01:12:30Z
dc.date.issued2017-03-22
dc.identifier.citationBasuki, Minto., dan Putra, A.A Wacana,., 2014. Model Probabilistic Risk Assessment Pada Industri Galangan Kapal Sub Klaster Surabaya. Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) 2014 Yogyakarta, 15 November 2014 : ISSN : 1979-911X. Basuki, Minto., dan Widjaja, Sjarief., 2008. Studi Pengembangan Model Manajemen Risiko Usaha Bangunan Baru Pada Industri Galangan Kapal. Bidang Teknik Industri : ISBN : 978-9793980-15-7. Crow, A, 2002, Pengelolaan Risiko, Yogyakarta; Nur Cahaya. Fahrudin Aris Zamrozi., dan Vanany, Iwan., 2015. Analisa Risiko Rantai Pasok Dan Mitigasinya Dengan Metode FMEA dan QFD Di Perusahaan Daerah Air Bersih (PDAB). Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XXII Program Studi MMT-ITS, Surabaya 24 Januari 2015 : ISBN : 978-602-70604-1-8. Fendi, Ari., dan Yuliawati, Evi., 2014. Analisis Strategi Mitigasi Risiko Pada Supply Chain PT. PALIndonesia (Persero). Prosiding Seminar Nasional Aplikasi Sains & Teknologi (SNAST) Periode III : ISSN : 1979-911X. Handayani, Dwi Iryaning., 2014. Risiko Rantai Pasok Minuman Sari Apel Dalam Perspektif Sistem Traceability. J@TI Undip, Vol IX, No 1, Januari 2014. Khameneha, Amir-Hossein., Taheri, Alireza., and Ershadi, Mahmood., 2016. Offering a framework for evaluating the performance of project risk management system. Procedia - Social and Behavioral Sciences 226 ( 2016 ) 82 – 90. Hanafi, Dr. Mahmud, 2006, Manajemen Risiko, Yogyakarta; UPP STIM. Pressman, Roger S. 2002. Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi (Buku 1), Yogyakarta; Andi Offset. Pujawan, I Nyoman, 2005, Supply Chain Manajemen, Surabaya; Guna Widya. Purwandono, Dewi Kurniasari., 2010. Aplikasi Model House Of Risk (HOR) Untuk Mitigasi Risiko Proyek Pembangunan Jalan Tol Gempol-Pasuruan. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XI Program Studi MMT-ITS, Surabaya 6 Pebruari 2010 : ISBN : 978-979-997359-7. Tang, 2001, Proactive Product Supply and Demand Strategic for Conctructing Robust Supply Chain, (www.anderson.ucla.edu/documents/areas/fac/dotm/supplychain.pdf). Tampubolon, F., Bahaudin, A., dan Ferro Ferdinant, P., 2013. Pengelolaan Risiko Supply Chain dengan Metode House of Risk. Jurusan Teknik Industri : Vol.1, No.3 September 2013,pp.222-226 ISSN 2302-495X. Utama, Yuris Permana Yoga., dan Pujawan, I Nyoman., 2009. Manajemen Risiko Di PT. Industri Kereta Api (Persero) Untuk Menghadapi Ketidakpastian Supply Chain. Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi IX: ISBN : 978-979-99735-7-3.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8584
dc.description.abstractRisiko akan selalu ada dalam setiap kegiatan operasional perusahaan, mulai kegiatan awal proses sampai akhir kegiatan proses operasional perusahaan. Risiko ini dapat menyebabkan kerugian atau berkurangnya pendapatan, jika risiko tersebut tidak dapat dikenali dan dikendalikan. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan penilaian risiko faktor keterlambatan shipment loading pada PT. XYZ. PT. XYZ merupakan perusahaan yang bergerak pada bidang perkebunan kelapa sawit, biji minyak (crude palm oil), crucing biji kelapa sawit, penyulingan minyak nabati, pembuatan gula rafinasi, oleokimia, biodiesel, dan pupuk pertanian. Selama tahun 2016 dan sebelumnya, terjadi kendala operasional akibat adanya risiko yang tidak tertangani sehingga berpotensi menimbulkan kerugian. Kendala operasional tersebut terjadi pada kegiatan operasional shipment loading divisi Fatty Acid departemen Oleochemical. Analisis data untuk identifikasi dan penilaian risiko diambil selama kegiatan operasional shipment loading yang melibatkan divisi jetty sebagai pembuat jadwal dan standart operational procedur dan divisi Fatty Acid sebagai bagian operasional. Analisis dilakukan dengan menggunakan pendekatan metode House of Risk. Analisis dilakukan dengan urutan mengidentifikasi risk agent, penentuan risk event keterlambatan shipment loading, penentuan peringkat risiko menggunakan risk mapping berdasarkan risk priority index dan merancang strategi mitigasi yang sesuai berdasarkan peringkat risiko. Risk agent yang teridentifikasi adalah metode flushing yang tidak sesuai dan standar operational procedur shipment loading. Risk event yang teridentifikasi adalah pada kegiatan flushing, Sounding, Start Blanketing, storage tank cleaning dan standart operational procedure yang tidak sesuai dengan quantity dan cargo. Risk agent dilakukan mitigasi dengan strategy stock, multiple route, contract penalty, and coordination.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectHouse of Riskin_ID
dc.subjectMitigasiin_ID
dc.subjectPenilaian Risikoin_ID
dc.subjectshipment loadingin_ID
dc.titlePenilaian Risiko Faktor Keterlambatan Shipment Loading Pada Divisi Fatty Acid Departemen Oleochemical PT. XYZ Menggunakan Pendekatan House Of Riskin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record