Show simple item record

dc.contributor.authorAndriani, Diana
dc.date.accessioned2017-05-26T00:50:24Z
dc.date.available2017-05-26T00:50:24Z
dc.date.issued2017-03-22
dc.identifier.citationAnwar, Sanusi. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat, Jakarta. Bystrӧm, Katriina & K. Jӓrvelin. 1995. Task Complexity Affect Information Seeking and Use. Department of Information Studies University of Tampere: Faculty of Social Science of the University of Tampere. Eeva-Liisa, E., 1998, University Student’s Information Seeking Behaviour In A Changing Learning Environment, www.informationr.net/ir/4-2/isic/eeskola diakses tanggal 17 Februari 2017. Maulana, H., & Gumelar, G. (2013). Psikologi Komunikasi dan Persuasi. Jakarta Barat: Akademia Permata. Mun, W. F., Li, L. M., & Fernandez, P. R. (2011). Mobile Phone the Must Have Gadget of the 21th Century': Identifying Trends and Impact on Human Relationship. The journal of the South East Asia Research Centre for Communication and Humanities, 3 (2), 39-53. Effendy, O.2003. Ilmu, Teori dan Filsafah Komunikasi. Aditya Bakti, Bandung Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Bisnis. Bandung. CV. Alfabeta. Wilson, TD., 2000, Human Information Behaviour, Informing Science. Vol. 3 no. 20, http://inform.nu/Articles/Vol3/v3n2p49-56.pdf diakses tanggal 17 Februari 2017.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8653
dc.description.abstractGadget saat ini merupakan sumber informasi yang banyak digunakan mahasiswa. Fungsi gadget, bagi mahasiswa bisa digunakan untuk komunikasi, hiburan, perwalian online, nilai online, tugas online, maupun ilmu pengetahuan untuk kebutuhan perkuliahan. Penelitian ini dilakukan di kalangan mahasiswa Unikom untuk melihat perbedaan dalam penggunaan gadget berdasarkan gender dan usia. Penelitian ini menggunaan pendekatan kuantittatif dan tipe komparatif, karena membandingkan bagaimana penggunaan gadget oleh mahasiswa laki-laki dan perempuan dilihat dari usianya. Jumlah responden laki-laki dan perempuan masingmasing 200 orang, yang merupakan mahasiswa Unikom angkatan 2015, berstatus aktif dengan batasan usia 17-22 tahun. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan Propotional Stratified Random Sampling, sedangkan teknik uji hipotesis yang digunakan yaitu Uji-t atau uji perbedaan rata-rata (Independent Sample Test). Hasil dari penelitian t hitung = 0,159 sig (>0.05), maka Ho ditolak, tidak terdapat perbedaan penggunaan fungsi gadget antara mahasiswa laki-laki dan perempuan, dimana laki-laki dominan digunakan untuk berkomunikasi, hiburan, melihat perwalian dan nilai online. Sedangkan perempuan dominan digunakan untuk berkomunikasi, melihat tugas online dan mengakses informasi untuk kebutuhan tugas dan perkuliahan. Tidak ada perbedaan usia pada mahasiswa laki-laki maupun perempuan yang menggunakan gadget yaitu paling banyak pada 19 tahun. Pada mahasiswa laki-laki yang mendasari motif penggunaan gadget adalah, cognitive, social integratif dan affective, sedangkan pada mahasiswa perempuan motif yang mendasarinya adalah social integratif dan motif cognitive.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectGenderin_ID
dc.subjectMotifin_ID
dc.subjectUsiain_ID
dc.titlePerilaku Penggunaan Gadget Berdasarkan Gender dan Usia di Kalangan Mahasiswa Universitas Komputer Indonesiain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record