Analisis Pengambilan Keputusan Strategi Pengembangan Industri Kreatif Kulit Ikan Pari Yogyakarta Dengan Pendekatan SWOT dan AHP
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Andriani, Feny Yuliana
Astari, Delia Isti
Budhiarti, Diniarie
Zachary, Kiki Musfika
Metadata
Show full item recordAbstract
Abstrak
D.I Yogyakarta merupakan salah satu daerah yang memiliki industri kerajinan kulit yang
berpotensi, salah satunya adalah UKM Kulit Pari yang memanfaatkan kulit pari sebagabahan baku utama dalam pembuatan aneka kerajinan. Akan tetapi, UKM Kulit Pari belum
dikembangkan secara optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah menentukan strategpengembangan terbaik bagi UKM Kulit Pari D.I Yogyakarta dengan menggunakan duametode yaitu matrik SWOT dan AHP (Analytical Hierarchy Process). Perhitungan MatrikSWOT menghasilkan posisi UKM Kulit Pari berada pada kuadran I sehingga diposistersebut harus dilakukan strategi pengembangan yang optimal. Terdapat empat kemungkinanalternatif strategi pengembangan UKM Kulit Pari yaitu: strategi SO (StrengthOpportunities), ST (Strength-Treaths), WO (Weakness-Opportunities), WT (WeaknessTreaths). Keempat strategi tersebut akan dipertimbangkan menggunakan metode AHPsehingga menentukan keputusan terbaik. Berdasarkan hasil pembobotan perbandinganberpasangan, nilai prioritas dari masing-masing strategi sebesar 0,26 (SO) ; 0,35 (ST) ; 0,24(WO) dan 0,16 (WT). Nilai bobot terbesar terdapat pada strategi ST sebesar 0,35. Sehinggastrategi pengembangan yang menjadi prioritas utama berdasarkan indikator-indikatoSWOT dan pembobotan AHP adalah strategi pengembangan dengan memanfaatkankekuatan yang dimiliki UKM Kulit Pari untuk mengatasi ancaman (ST= Strength-Treathyang terdiri dari menambah inovasi produk sesuai dengan trend masyarakat danmempertahankan kualitas produk agar mampu bersaing dengan produk lain.