Pengembangan Industri Kreatif Berbasis Digital Melalui Pendekatan Inkubasi Bisnis
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Lukmandono
Nasution, Arman Hakim
Zafriana, Lusi
Metadata
Show full item recordAbstract
Industri kreatif memiliki peran yang besar dalam pertumbuhan ekonomi suatu negara. Di
Indonesia, industri kreatif telah menyumbang PDB sebesar Rp. 104,73 trilliun atau sekitar
6,28 % dari total PDB Indonesia. Di Jawa Timur pengembangan dari industri kreatif berbasis
ICT (information and communication technology) merupakan bagian dari tanggung jawab
dari dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jawa timur yaitu pada Bidang IATT
(Industri Alat Trasnportasi dan Telematika). Tujuan penelitian ini adalah memetakan
kebutuhan insfrastruktur dalam hubungannya dengan kebutuhan pengembangan industri
kreatif berbasis digital. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola pengembangan yang tepat
untuk digunakan oleh dinas perindustrian dan perdagangan provinsi Jawa Timur salah
satunya adalah dengan membentuk inkubasi bisnis. Inkubasi bisnis yang dibuat saat ini telah
berjalan di kota Surabaya dan Malang dengan nama Jatim Information Technology Creative
(JITC), karena kedua kota ini telah memiliki kesiapan insfrastruktur pendukung. Pendekatan
inkubasi bisnis digunakan karena pada industri kreatif berbasis ICT pelaku bisnisnya harus
memiliki serangkaian kemampuan (skill) yang hanya bisa diasah dengan model pembelajaran pendampingan (pembelajaran praktik). Model pembelajaran-pendampingan bisa
dimaksimalkan dengan inkubasi.