Perancangan Bisnis Model dan Perumusan Strategi Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Batik Pamekasan
Abstract
Industri batik Pamekasan merupakan industri kreatif yang menekankan pada gagasan dan
kreatifitas yang tinggi sebagai salah satu penggerak perekonomian di Jawa Timur. Adanyapeningkatan perkembangan teknologi, minat konsumen serta persaingan di era pasar bebas
maka penting untuk dilakukan perancangan bisnis model serta perumusan strategi yang tepatuntuk meningkatkan daya saing industri ini. Hasil analisis menunjukan bahwa perancanganbisnis model pada industri batik pamekasan menunjukan segmentasi pelanggan sangat luasyang mayoritas berasal dari luar kota. Dengan sistem pemesanan secara online akan
mempermudah proses jual beli. Jenis dan ciri khas motif dengan latar belakang sejarah yangkuat, serta Pamekasan sebagai kota batik Madura menjadi kekuatan untuk meningkatkan dayasaing industri ini. Dengan analisis SWOT menunjukan nilai IFAS 2,10 dan EFAS 2,10 maka
industri batik Pamekasan berada di kuadran 5 yaitu pertumbuhan dan stabilitas, strategi
alternatif yang digunakan yaitu (1) Memperluas pasar dengan melakukan inovasi danmemperbanyak variasi produk, (2) Memperluas jaringan pemasaran dengan membuka cabang
di daerah-daerah seperti Surabaya dan Jakarta, (3) Peningkatan fasilitas produksi sertapenerapan teknologi melalui pengembangan internal dan eksternal dengan melibatkan
pemerintah.