Show simple item record

dc.contributor.authorNarto
dc.contributor.authorSudarso, Indung
dc.contributor.authorLukmandono
dc.date.accessioned2017-05-29T01:43:03Z
dc.date.available2017-05-29T01:43:03Z
dc.date.issued2017-03-22
dc.identifier.citationBPS Pamekasan, 2013, Laporan Jenis Sentra Industri, Unit usaha dan Penyerapan Tenaga Kerja Kabupaten Pamekasan Tahun 2013. di akses pada tanggal 19 Januari 2017 di https://pamekasankab.bps.go.id/linkTabelStatis/view/id/189. Casadesus , R. and Ricart, M., J., E., 2009, From Strategy to Business Models and to Tactics, Working Paper Harvard Business School. Ferrel,O.,C. and Harline, D., 2005, Marketing Strategy, Thomson Corporation, South Western. Hernama, Rooshwan, B., U., 2015, Analisis Lingkungan Usaha Model Bisnis Kanvas Pada Usaha Batik Ciwaringin Cirebon, Seminar Nasional dan The 2nd Call for Syariah Paper, ISSN 2460-0784, hal 594-606. Hidayat, T., 2016, Formulasi Strategi Bisnis Dalam Upaya Meningkatkan Daya Saing Industri Batik Mliwis Putih Di Desa Sobontoro Balen Bojonegoro, Jurnal Edutama, Vol 3, No. 1, hal 21-30. Kotler, P., Armstrong, G., 2008, Prinsip-prinsip Pemasaran. Jilid 1. Edisi Kedua belas, Erlangga, Jakarta. Nandiroh, S., Pratiwi, I., Susanti, S., 2016, Analisis Dampak Ekonomi Kreatif Batik Menghadapi MEA Di Pasar Kliwon Surakarta, Seminar Nasional Inovasi Dan Aplikasi Teknologi Di Industri (Seniati), ISSN : 2085-4218, hal 145-150. Narimawati, U., 2008, Teknik-Teknik Analisis Multivariate Untuk Riset Ekonomi, Graha Ilmu, Yogyakarta. Osterwalder, A., Pigneur, Y. and Tucci, C., I., 2005, Clarifying Business Models : Origins, Present, And Future of The Concepts, Communications of AIS, Volume 15. Osterwalder, A., Pigneur, Y., 2010, Business Model Generation: a Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers, John Wiley & Sons, Inc., New Jersey. Putri, E., P., Djunaidi, M., Al-Ghofari, A., K., 2015, Analisis Swot Sebagai Strategi Meningkatkan Daya Saing Pada Bisnis Usaha Batik, Naskah Publikasi, Universitas Muhammadiyah Surakarta. Rangkuti, F., 2009, Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis, PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. Ratna, P., Fatmawati, 2013, Prospek Dan Strategi Pengembangan Industri Batik Tulis Di Kabupaten Sumenep, Jurnal Cemara Vol. 10, No.1, ISSN: 2087-3484. Hal 41-49. Shafer, S M., Smith, H., J. and Linder, J., C., 2005, The Power of Business Models. Business Horizons 48, 199-207. Thoyib, A., 2005, Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja: Pendekatan Konsep. Jurnal. Staf Pengajar Fakultas Ekonomi Universitas Brawijaya Malang.in_ID
dc.identifier.issn2337-4349
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8668
dc.description.abstractIndustri batik Pamekasan merupakan industri kreatif yang menekankan pada gagasan dan kreatifitas yang tinggi sebagai salah satu penggerak perekonomian di Jawa Timur. Adanyapeningkatan perkembangan teknologi, minat konsumen serta persaingan di era pasar bebas maka penting untuk dilakukan perancangan bisnis model serta perumusan strategi yang tepatuntuk meningkatkan daya saing industri ini. Hasil analisis menunjukan bahwa perancanganbisnis model pada industri batik pamekasan menunjukan segmentasi pelanggan sangat luasyang mayoritas berasal dari luar kota. Dengan sistem pemesanan secara online akan mempermudah proses jual beli. Jenis dan ciri khas motif dengan latar belakang sejarah yangkuat, serta Pamekasan sebagai kota batik Madura menjadi kekuatan untuk meningkatkan dayasaing industri ini. Dengan analisis SWOT menunjukan nilai IFAS 2,10 dan EFAS 2,10 maka industri batik Pamekasan berada di kuadran 5 yaitu pertumbuhan dan stabilitas, strategi alternatif yang digunakan yaitu (1) Memperluas pasar dengan melakukan inovasi danmemperbanyak variasi produk, (2) Memperluas jaringan pemasaran dengan membuka cabang di daerah-daerah seperti Surabaya dan Jakarta, (3) Peningkatan fasilitas produksi sertapenerapan teknologi melalui pengembangan internal dan eksternal dengan melibatkan pemerintah.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherUniversitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectIndustri kreatifin_ID
dc.subjectBatik Pamekasanin_ID
dc.subjectBisnis Modelin_ID
dc.subjectSWOTin_ID
dc.titlePerancangan Bisnis Model dan Perumusan Strategi Untuk Meningkatkan Daya Saing Industri Batik Pamekasanin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record