Penentuan Strategi Bisnis Menggunakan Analisis SWOT dan Matriks IFAS – EFAS Pada CV. Dinasty
View/ Open
Date
2017-03-22Author
Sari, Diana Puspita
Oktafianto, Abdrizal
Metadata
Show full item recordAbstract
Kontribusi UMKM terhadap perekonomian nasional cukup besar karena menyumbang 60
persen terhadap perekonomian Indonesia akan tetapi banyak UMKM belum memiliki strategi
bisnis yang baik dalam menjalankan bisnisnya, salah satunya adalah CV Dinasty. Akibatnya
CV. Dinasty belum mengetahui secara tepat posisi perusahaan terhadap pesaing dan peta
persaingan yang ada dalam produk sejenis. Kondisi ini jika dibiarkan akan berdampak buruk
bagi perusahaan, karena akan mengancam eksistensi produk di pasaran. Tujuan penelitian ini
adalah merancang strategi bisnis yang tepat untuk CV. Dinasty dan menganalisis posisi
perusahaan menggunakan analisis SWOT dan matriks IFAS – EFAS. Berdasarkan hasil
pengolahan dengan matriks IFAS-EFAS menunjukkan bahwa CV. Dinasty berada dalam
kuadran V sehingga perusahaan seharusnya dalam pertumbuhannya konsentrasi pada
integrasi horizontal, yaitu integrasi lebih difokuskan antar departemen dalam perusahaan.
Strategi yang tepat untuk perusahaan yang berada di kuadran V adalah strategi S-O,
menggunakan strategi yang memanfaatkan peluang yang ada dengan mendaya gunakan
kekuatan yang dimiliki yaitu dengan meningkatkan kemampuan pemasaran karena pangsa
pasar masih terbuka luas, inovasi tim dalam pengembangan produk, pengelolaan sumber daya
petensial.