• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK Kelas X Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)

    Thumbnail
    View/Open
    12.Makalah Revisi_Nindia Pramusinta.pdf (119.1Kb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Pramusinta, Nindia
    Rejeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    ABSTRAK. Rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dilihat dari setiap indikatornya merupakan latar belakang masalah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali sejumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya setiap indikator kemampuan penalaran matematika yang meliputi: 1) kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tulisan dalam bentuk model dari 28,57% meningkat menjadi 90% 2) kemampuan menarik kesimpulan jawaban dari permasalahan yang ada sebanyak 38,10% meningkat menjadi 70% dan 3) kemampuan menganalisis situasi matematis dengan menggunakan pola dan hubungan yang awalnya sebanyak 23,81% meningkat menjadi 65%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8777
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV