Show simple item record

dc.contributor.authorPramusinta, Nindia
dc.contributor.authorRejeki, Sri
dc.date.accessioned2017-06-14T02:49:51Z
dc.date.available2017-06-14T02:49:51Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Amir, Almira. 2014. Kemampuan Penalaran dan Komunikasi dalam Pembelajaran Matematika. Logaritma, Vol. II, No.01 [2] Daryanto, Tasrial. 2012. Konsep Pembelajaran Kreatif. Yogyakarta: Gava Media. [3] Junaidi. 2013. Pengembangan Soal Model Pisa Pada Konten Change And Relationship untuk Mengetahui Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2). [4] Lambertus. 2009. Pentingnya Melatih Keterampilan Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika di SD. Forum Kependidikan, 28(2). [5] Lestari, Karunia E. 2015. Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT Refika Aditama. [6] Melin, Komang. 2015. Profil Kemampuan Penalaran Siswa dalam Memecahkan Masalah Soal Cerita Barisan dan Deret Aritmatika di Kelas X SMA Negeri 2 PALU. AKSIOMA Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2). [7] Pambudi, Didik S. 2007. Berbagai Alternatif Model dan Pendekatan dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2). [8] Roesdiana, Lessa. 2016. Pembelajaran dengan Pendekatan Metaphorical Thinking untuk Mengembangkan Kemampuan Komunikasi dan Penalaran Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan UNSIKA. Volume 4 Nomor 2, Halaman 169-184. [9] Sroyer. 2013. Pentingnya Quantitative Reasoning (Qr) dalam Problem Solving. Prosiding Snmpm Universitas Sebelas Maret 2013. Vol. 2. [10] Suherman, Erman. 2003. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA. [11] Sumartini, Tina S. 2015. Peningkatan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika. 5(1). [12] Sundayana. 2013. Media Pembelajaran Matematika. Bandung: Alfabeta. [13] Supardi. 2012. Pengaruh Pembelajaran Matematika Realistik Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar. Cakrawala Pendidikan, Th. XXXI, No. 2. [14] Surajiyo. 2006. Dasar-dasar Logika. Jakarta: PT Bumi Aksara. [15] Suryaningsih, Desi. 2015. Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Persamaan Garis Lurus Kelas VIII C SMP Negeri 13 Jember Semester Ganjil Tahun Ajaran 2014/2015. Artikel ilmiah mahasiswa, II (1): 1-5. [16] Wijaya, Ariyadi. 2012. Pendidikan Matematika Realistik Suatu Alternatif Pendekatan Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8777
dc.description.abstractABSTRAK. Rendahnya kemampuan penalaran matematika siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali dilihat dari setiap indikatornya merupakan latar belakang masalah penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa melalui pembelajaran dengan pendekatan Realistic Mathematics Education. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan selama 2 siklus. Subjek penerima tindakan adalah siswa kelas X TKR 4 SMK Muhammadiyah 01 Boyolali sejumlah 21 siswa. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, catatan lapangan, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan penalaran matematika siswa. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya setiap indikator kemampuan penalaran matematika yang meliputi: 1) kemampuan menyajikan pernyataan matematika secara tulisan dalam bentuk model dari 28,57% meningkat menjadi 90% 2) kemampuan menarik kesimpulan jawaban dari permasalahan yang ada sebanyak 38,10% meningkat menjadi 70% dan 3) kemampuan menganalisis situasi matematis dengan menggunakan pola dan hubungan yang awalnya sebanyak 23,81% meningkat menjadi 65%. Berdasarkan uraian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan Realistic Mathematics Education (RME) dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan kemampuan penalaran matematika siswa.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectkemampuan penalaran matematikain_ID
dc.subjectRealistic Mathematics Educationin_ID
dc.titlePeningkatan Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMK Kelas X Melalui Pembelajaran dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education (RME)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record