• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswa

    Thumbnail
    View/Open
    PM-7 Erny Untari hal 283-289.pdf (473.0Kb)
    Date
    2017-03-18
    Author
    Untari, Erny
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match atau TPS. (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik,siswa yang memiliki kreativitas tinggi, sedang, atau rendah. (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Widodaren Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPS lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8787
    Collections
    • Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) II 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV