Show simple item record

dc.contributor.authorUntari, Erny
dc.date.accessioned2017-06-17T00:54:51Z
dc.date.available2017-06-17T00:54:51Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationArikunto, Suharsimi. 2009. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara. . 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta. Budiyono. 2009 . Statistika untuk Penelitian. Surakarta. UNS Press. ________ 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan Edisi ke-1. Surakarta: UNS Press. Hamdani. 2010. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Mulyasa. 2013. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: PT. Tarsito Bandung Supardi U.S. 2015. Peran Berpikir Kreatif Dalam Proses Pembelajaran Matematika. Jurnal Formatif 2(3): 248-262 Rachmawati,Yeni dkk. 2010. Strategi Pengembangan Kreativitas Pada Anak Usia Taman Kanak-kanak. Jakarta: Kencana Slavin,Robert E. 2005. Cooperative Learning. Bandung: Nusa Media Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif. Jakarta: Kencanain_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8787
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik, siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match atau TPS. (2) Manakah yang mempunyai prestasi belajar matematika yang lebih baik,siswa yang memiliki kreativitas tinggi, sedang, atau rendah. (3) Apakah terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental semu dengan desain faktorial 2x3. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Widodaren Semester Ganjil Tahun Pelajaran 2016/2017. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Pengujian hipotesis menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis, diperoleh simpulan bahwa (1) Prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran TPS lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang dikenai model pembelajaran kooperatif tipe Make A Match. (2) Prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas tinggi lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas sedang maupun rendah, dan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas sedang lebih baik dibandingkan prestasi belajar matematika siswa yang memiliki kreativitas rendah. (3) Tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dan kreativitas terhadap prestasi belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectKreativitasin_ID
dc.subjectMake A Matchin_ID
dc.subjectPrestasi Belajar Matematikain_ID
dc.subjectTPSin_ID
dc.titleEksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match dan Think Pair Share (TPS) Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Kreativitas Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record