Show simple item record

dc.contributor.authorPrimadani, Aisyah Ilmi
dc.contributor.authorRejeki, Sri
dc.date.accessioned2017-06-17T01:30:45Z
dc.date.available2017-06-17T01:30:45Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Bahr, N. 2010. Thinking Critically about Critical Thinking in Higher Education. International Journal for the Scholarship of Teaching and Learning, 4(2), 1-16. [2] Budiyono. 2009. Statistika Untuk Penelitian, Surakarta: UNS Press. [3] Chukwuyenum, A. N. 2013. Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State. IOSR Journal of Research & Method in Education (IOSR-JRME), 3(5), 18-25. [4] Ennis, R. H. 1993. Critical Thinking Assessment. Theory into Practice. 32(3), 179-186. [5] Harsoyo, I.T., & Sopyan, A. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Teknik Probing-Prompting Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Ipa Siswa Kelas VII SMP. Unnes Physics Education Journal, 3(2), 42-47. [6] Hähkiöniemi, M., Leppäaho, H., & Francisco, J. (Eds.). 2012. Proceedings from the 13th ProMath Conference: Learning Problem Solving and Learning Trough Problem Solving. 30-43. Umeå: UMERC. [7] Jumaisyaroh, T., Napitupulu, E. E., & Hasratuddin. 2014. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Kreano, 5(2), 157-169. [8] Kolar, V. M., Mastnak, A. & Hodnik Cadež, T. (Eds.). 2012. Proceedings from the 13th ProMath Conference: Learning Problem Solving and Learning Trough Problem Solving. 54-68. Umeå: UMERC. [9] Mayasari, Y., Irwan, & Mirna. 2014. Penerapan Teknik Probing-Prompting Dalam Pembelajaran Matematika Kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jurnal Pendidikan Matematika FMIPA UNP, 3(1), 56-61. [10] Mutadi. 2010. Problem Solving Mathematics. Pembelajaran Matematika. Diakses pada 18 Februari 2017, dari http://mutadi.wordpress.com/ [11] Muthohharoh, N. H. 2016. Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengan Strategi Brain Based Learning dan Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Ditinjau dari Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VII MTs Negeri Ketanggung Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. [12] Prabawati, N. 2016. Eksperimen Pembelajaran Matematika Melalui Problem Solving Learning dan Problem Posing Learning Ditinjau Dari Motivasi Siswa Terhadap Prestasi Belajar (Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Colomadu Tahun Ajaran 2015/2016). Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. [13] Rachmantika, A.R. 2016. Eksperimen Pembelajaran Matematika Dengtan Strategi Snowball Throwing dan Problem Solving Terhadap Hasil Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Blora Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Universitas Muhammadiyah Surakarta. [14] Ristiasari, T., Priyono, B., & Sukaesih, S. 2012. Model Pembelajaran Problem Solving Dengan Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa. Unnes Journal of Biology Education, 1(3), 34-41. [15] Rosnawati, R. 2012. Berpikir Kritis Melalui Pembelajaran Matematika Untuk Mendukung Pembentukan Karakter Siswa. Pendidikan Matematika FMIPA UNY, 8. Diakses pada 7 Desember 2016, dari http://staff.uny.ac.id/dosen/r-rosnawati-dra-msi-dr [16] Setiadi, H., dkk. 2012. Kemampuan Matematika Siswa SMP Indonesia Menurut Benchmark Internasional TIMSS 2011. Jakarta: Pusat Penilaian Pendidikan Badan Penelitian dan Pengembangan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. [17] Sunaryo, Y. 2014. Model Pembelajaran Berbasis Masala Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Dan Kreatif Matematik Siswa Di Kota Tasikmalaya. Jurnal Pendidikan dan Keguruan, 1(2), 41-51. [18] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R&D, Surakarta: Fairuz Media. [19] Wahyuni, S. 2015. Pengaruh Metode Problem Solving Terhadap Kemamouan Pemecahan Masalah Pada Pembelajaran Matematika Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Lubuklinggau Tahun Pelajaran 2015/2016. Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam STKIP-PGRI Lubuklinggau. Diakses pada 18 Februari 2017, dari http://mahasiswa.mipastkipllg.com/repository.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8792
dc.description.abstractTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) perbedaan pengaruh penggunaan metode pembelajaran Problem Solving dan metode pembelajaran Probing Prompting terhadap hasil belajar matematika, (2) perbedaan pengaruh tingkat berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika, (3) pengaruh interaksi antara metode pembelajaran dan tingkat berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain quasi experiment. Populasi dalam penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Islam Al Abidin Surakarta, dengan sampel penelitian siswa kelas VIII F dan VIII E. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis variansi dua jalan dengan sel tak sama dengan taraf signifikasi sebesar 5%. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil bahwa: (1) terdapat perbedaan pengaruh antara metode pembelajaran problem solving dan probing prompting terhadap hasil belajar matematika, dimana metode pembelajaran problem solving memberikan hasil belajar lebih baik dibanding metode pembelajaran probing prompting. (2) Terdapat perbedaan pengaruh tingkat berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika, dimana siswa dengan tingkat berpikir kritis tinggi lebih baik dibanding siswa dengan tingkat berpikir kritis rendah. (3) Tidak terdapat pengaruh interaksi metode pembelajaran dan tingkat berpikir kritis siswa terhadap hasil belajar matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectProblem Solvingin_ID
dc.subjectProbing Promptingin_ID
dc.subjecttingkat berpikir kritisin_ID
dc.subjecthasilin_ID
dc.titleEksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Metode Pembelajaran Problem Solving dan Probing Prompting Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Tingkat Berpikir Kritis Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record