Kontribusi Persiapan Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP
Abstract
Tujuan penelitian ini ada empat. (1) Menganalisis dan menguji media pembelajaran, RPP
dan penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) Menganalisis dan menguji adanya
konstribusi media terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) Menganalisis dan menguji adanya
konstribusi RPP terhadap hasil belajar matematika siswa; dan (4) Menganalisis dan menguji
adanya konstribusi penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
12 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 234 siswa. Sampel Penelitian ini sebanyak 149
siswa ditentukan dengan rumus solvin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate
random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi
linear berganda. Hasil penelitian: (1) Terdapat kontribusi media pembelajaran, RPP dan
penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) Tidak ada kontribusi media pembelajaran
terhadap hasil belajar matematika siswa pada singnifikansi = 0,600 dengan sumbangan efektif
sebesar 1,16%; (3) Terdapat kontribusi RPP terhadap hasil belajar matematika siswa dengan
sumbangan efektif sebesar 39,26%; dan (4) Tidak ada kontribusi penilaian terhadap hasil belajar
matematika siswa pada signifikansi = 0,548 dengan sumbangan efektif sebesar 1,77%