dc.identifier.citation | Aini, Pratistya Nor dan Abdullah Taman. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010.2011. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 10(1), 48-65. Bey, Anwar dan La Narfin. (2013). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kendari. MIPMIPA, 12(2), 173-183. Budiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. Ibrahim. (2015). Deskripsi Implementassi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 3 Maros Kabupaten Maros. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 370-378. Kurniawan, Didik dan Dhoriva Urwatul Wustqa. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176-187. Maulidia, Adlin Puspa. (2014). Pengaruh Penggunaan RPP Buatan KKG dengan RPP Model Dick & Carey terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Negeri Di Gugus 088 Kecamatan Tandes Surabaya. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10. Mufidah, Hidayatul. (2015). Sistem Pembelajaran Matematika di Sekolah Alam. Jurnal Ummul Qura, 6(2), 36-47. Paseleng, Mila C. dan Rizki Arfiyani. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Scholaria, 5(2), 131-149. Putra, Rydlo Ega dan Marsigit. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatab Scientific Berbasis Problem Based Learning Materi Lingkaran untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 43-53. Sigilipu, Steffi. (2013). Pengaruh Penerapan Informasi Akuntansi Manajemen dengan Sistem Pengukuran Kinerja terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal EMBA, 1(3), 239-247. Sulistyani, Niluh dan Heri Retnawati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan ProblemBased Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197-210. Sumantri, M. S., dan Satriani, R. (2016). The Effect of Formative Terting and Self-Directed earning on Mathematics Learning Outcomes. International Electroninc Journal of Elemantary Education, 8(3), 507524. Suranto. (2015). Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 11-19. Susanto, H. A., dan Murwaningsih, U. (2015). Improving Student’s Activity In Mathematics Communication Trough Metacognitive Learning Approach Based On Lesson Study. International Journal of Education and Research. 3(2), 169-180. Wahyuningsih, Ary Nur. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 19-27. Warti, Elis. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timut. Jurnal Mosharafa, 5(2), 177-185. Widoyoko, Eko Putra. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. | in_ID |
dc.description.abstract | Tujuan penelitian ini ada empat. (1) Menganalisis dan menguji media pembelajaran, RPP
dan penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) Menganalisis dan menguji adanya
konstribusi media terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) Menganalisis dan menguji adanya
konstribusi RPP terhadap hasil belajar matematika siswa; dan (4) Menganalisis dan menguji
adanya konstribusi penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah
penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri
12 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 234 siswa. Sampel Penelitian ini sebanyak 149
siswa ditentukan dengan rumus solvin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate
random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini
menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi
linear berganda. Hasil penelitian: (1) Terdapat kontribusi media pembelajaran, RPP dan
penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) Tidak ada kontribusi media pembelajaran
terhadap hasil belajar matematika siswa pada singnifikansi = 0,600 dengan sumbangan efektif
sebesar 1,16%; (3) Terdapat kontribusi RPP terhadap hasil belajar matematika siswa dengan
sumbangan efektif sebesar 39,26%; dan (4) Tidak ada kontribusi penilaian terhadap hasil belajar
matematika siswa pada signifikansi = 0,548 dengan sumbangan efektif sebesar 1,77% | in_ID |