Show simple item record

dc.contributor.authorDewi, Nia Puspita
dc.contributor.authorSumardi, S.
dc.date.accessioned2017-06-17T03:32:02Z
dc.date.available2017-06-17T03:32:02Z
dc.date.issued2017-03-18
dc.identifier.citationAini, Pratistya Nor dan Abdullah Taman. (2012). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Lingkungan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Sewon Bantul Tahun Ajaran 2010.2011. Jurnal Pendidikan Akutansi Indonesia, 10(1), 48-65. Bey, Anwar dan La Narfin. (2013). Pengaruh Kemandirian Belajar Matematika terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 6 Kendari. MIPMIPA, 12(2), 173-183. Budiyono. (2015). Statistika untuk Penelitian. Surakarta: UNS Press. Ibrahim. (2015). Deskripsi Implementassi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran Matematika di SMA Negeri 3 Maros Kabupaten Maros. Jurnal Daya Matematis, 3(3), 370-378. Kurniawan, Didik dan Dhoriva Urwatul Wustqa. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Motivasi Belajar, dan Lingkungan Sosial Terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMP. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(2), 176-187. Maulidia, Adlin Puspa. (2014). Pengaruh Penggunaan RPP Buatan KKG dengan RPP Model Dick & Carey terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Sekolah Dasar Negeri Di Gugus 088 Kecamatan Tandes Surabaya. Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-10. Mufidah, Hidayatul. (2015). Sistem Pembelajaran Matematika di Sekolah Alam. Jurnal Ummul Qura, 6(2), 36-47. Paseleng, Mila C. dan Rizki Arfiyani. (2015). Pengimplementasian Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Matematika di Sekolah Dasar. Scholaria, 5(2), 131-149. Putra, Rydlo Ega dan Marsigit. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran dengan Pendekatab Scientific Berbasis Problem Based Learning Materi Lingkaran untuk Siswa SMP Kelas VIII. Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1), 43-53. Sigilipu, Steffi. (2013). Pengaruh Penerapan Informasi Akuntansi Manajemen dengan Sistem Pengukuran Kinerja terhadap Kinerja Manajerial. Jurnal EMBA, 1(3), 239-247. Sulistyani, Niluh dan Heri Retnawati. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Bangun Ruang di SMP dengan Pendekatan ProblemBased Learning. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 197-210. Sumantri, M. S., dan Satriani, R. (2016). The Effect of Formative Terting and Self-Directed earning on Mathematics Learning Outcomes. International Electroninc Journal of Elemantary Education, 8(3), 507524. Suranto. (2015). Pengaruh Motivasi, Suasana Lingkungan dan Sarana Prasarana Belajar terhadap Prestasi Belajar Siswa (Studi Kasus pada SMA Khusus Putri SMA Islam Diponegoro Surakarta). Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(2), 11-19. Susanto, H. A., dan Murwaningsih, U. (2015). Improving Student’s Activity In Mathematics Communication Trough Metacognitive Learning Approach Based On Lesson Study. International Journal of Education and Research. 3(2), 169-180. Wahyuningsih, Ary Nur. (2012). Pengembangan Media Komik Bergambar Materi Saraf untuk Pembelajaran yang Menggunakan Strategi PQ4R. Journal of Innovative Science Education, 1(1), 19-27. Warti, Elis. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar Siswa terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa di SD Angkasa 10 Halim Perdana Kusuma Jakarta Timut. Jurnal Mosharafa, 5(2), 177-185. Widoyoko, Eko Putra. (2010). Evaluasi Program Pembelajaran Panduan Praktis bagi Pendidikan dan Calon Pendidik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.in_ID
dc.identifier.issn2502-6526
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8805
dc.description.abstractTujuan penelitian ini ada empat. (1) Menganalisis dan menguji media pembelajaran, RPP dan penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) Menganalisis dan menguji adanya konstribusi media terhadap hasil belajar matematika siswa; (3) Menganalisis dan menguji adanya konstribusi RPP terhadap hasil belajar matematika siswa; dan (4) Menganalisis dan menguji adanya konstribusi penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 12 Surakarta tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 234 siswa. Sampel Penelitian ini sebanyak 149 siswa ditentukan dengan rumus solvin. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate random sampling dengan cara undian. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode kuesioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda. Hasil penelitian: (1) Terdapat kontribusi media pembelajaran, RPP dan penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa; (2) Tidak ada kontribusi media pembelajaran terhadap hasil belajar matematika siswa pada singnifikansi = 0,600 dengan sumbangan efektif sebesar 1,16%; (3) Terdapat kontribusi RPP terhadap hasil belajar matematika siswa dengan sumbangan efektif sebesar 39,26%; dan (4) Tidak ada kontribusi penilaian terhadap hasil belajar matematika siswa pada signifikansi = 0,548 dengan sumbangan efektif sebesar 1,77%in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherProgram Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjecthasil belajarin_ID
dc.subjectmedia pembelajaranin_ID
dc.subjectpenilaianin_ID
dc.subjectrppin_ID
dc.titleKontribusi Persiapan Guru Mengajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMPin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record