• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Memecahkan Soal Matematika Model PISA Konten Quantity

    Thumbnail
    View/Open
    24. Makalah Revisi_Maryam.pdf (1.160Mb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Nisa, Maryam Khoirun
    Rejeki, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, menghitung presentase dan mengetahui faktor penyebab kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal matematika berbasis PISA pada konten quantity.Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII G SMP Negeri 1 Kartasura yang berjumlah 32 siswa.Teknik pengumpulan data menggunakan metode observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi.Kesalahan data dilakukan dengan triangulasi metode dengan membandingkan data hasil metode tes, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan reduksi data, penyajian data, verifikasi dan penarikan kesimpulan.Kerangka analisis dikembangkan berdasarkan pemecahan masalah Polya dengan kategori kesalahan Newman. Hasil penelitian diperoleh 4 jenis kesalahan dan besar presentase untuk setiap jenis kesalahan yaitu kesalahan pemahaman 10,97%, kesalahan transformasi 4,52%, kesalahan keterampilan memproses 40,65%, dan kesalahan menuliskan jawaban akhir 63,87%. Hasil menunjukkan kesalahan keterampilan memproses dan menuliskan jawaba akhir lebih dominan dibandingkan kesalahan lainnya. Secara umum faktor penyebab kesalahan adalah siswa kesulitan dalam memahami masalah, kemampuan penalaran dan kreativitas siswa yang rendah dalam memecahkan masalah konteks nyata, memanipulasinya ke dalam bentuk bilangan, dan siswa tidak terbiasa menggunakan proses pemecahan masalah secara benar sesuai langkah Polya.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8807
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV