Pengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika. (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) menguji interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategipembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian diambil dengan Cluster Random Sampling dari populasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gatak tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan, uji normalitas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika. (2) ada pengaruh tingkat motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematika