Show simple item record

dc.contributor.authorPuspitasari, Elsa
dc.contributor.authorAriyanto, Ariyanto
dc.date.accessioned2017-06-17T03:55:26Z
dc.date.available2017-06-17T03:55:26Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1]Syah, Muhibbin. 2008. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: PT. Remaja Rosdakarta. [2]Departemen Penelitian dan Pengembangan Kemendikbud. 2011. Survey Internasional TIMSS (Online). (http://litbang.kemendikbud.go.id/indes.php/survei internasional-timss. Diakses tanggal 28 September 2016. [3]Sutrisno, Valiant Lukad Perdana dan Budi Tri Siswanto.”Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar SiswaPada Pembelajaran Praktik Kelistrikan OtomotifSMK Di Kota Yogyakarta”.Jurnal Pendidikan Vokasi 6(1). Diakses pada 26 September 2016. [4]Suwardi, Dana Ratifi. 2012. “Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Kompetensi Dasar Ayat Jurnal Penyesuaian Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS Sma Negeri 1 Bae Kudus”. Economic Education Analysis Journal 1(2):2252-6544. [5]Isjoni. 2007. Cooperative Learning Mengembangkan Kemampuan Belajar Berkelompok. Bandung: Alfabeta. [6]Chu, Shan-Ying. 2014. “Application of the Jigsaw Cooperative Learning Method inEconomics Course”. International Journal of Managerial Studies and Research (IJMSR) 10(2):2349-0330. [7]Sadiman, dkk. 2015.”Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan STAD(Student Teams Achievement Devision) Terhadap Hasil Belajar PIPS SD Ditinjau Dari Kreativitas Belajar Mahasiswa PGSD.” Jurnal Paedagogia 18(2): 1026-4109. [8]Winarno, Bayu. 2012.”Pengaruh Lingkungan Belajar Dan Motivasi Beprestasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Kompetensi Keahlian Teknik Otomasi Industri Di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Depok Yogyakarta.”Jurnal Skripsi. Diakses 29 September 2016. [9]Istiqomah, Laela. 2009. “Pengaruh Minat dan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Metamatika Siswa Kelas VII SMP Negeri se Kabupaten Jepara Tahun Ajaran 2008/2009.” Skripsi. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam: UNY. [10]Fitriana, Nur Afni. 2016. “Eksperimen Pembelajaran Dengan Pendekatan Open-Ended DanContextual Teaching And Learning (CTL)Terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Siswa Kelas VIIISmp Muhammadiyah 1 Gatak Semester Genap Tahun Ajaran 2015/2016.”Skripsi.Surakarta: UMS.in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8808
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategi pembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika. (2) pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) menguji interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dan strategipembelajaran kooperatif tipe Student Team-Achievement Divisions (STAD) terhadap hasil belajar matematika ditinjau dari motivasi belajar siswa. Jenis penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen. Sampel penelitian diambil dengan Cluster Random Sampling dari populasi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Gatak tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengumpulan data dengan teknik angket, tes, dan dokumentasi. Sebelum dilakukan analisis, terlebih dahulu dilakukan uji keseimbangan, uji normalitas, dan uji homogenitas. Teknik analisis data dengan menggunakan analisis variansi dua jalan sel tak sama dengan taraf signifikansi 5%. Hasil penelitian ini diperoleh: (1) ada pengaruh penggunaan strategi pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar matematika. (2) ada pengaruh tingkat motivasi siswa terhadap hasil belajar matematika. (3) tidak ada interaksi antara strategi pembelajaran kooperatif dan motivasi belajar terhadap hasil belajar matematikain_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectStudent Team-Achievement Divisions (STAD)in_ID
dc.subjectJigsawin_ID
dc.subjecthasil belajar matematikain_ID
dc.subjectmotivasi belajarin_ID
dc.subjectpembelajaran kooperatifin_ID
dc.titlePengaruh Strategi Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswain_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record