Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping (PTK pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Sukoharjo Tahun 2016/2017)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas VIII D, guru matematika kelas VIII D, dan kegiatan belajar mengajar. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh : 1) siswa mampu menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 7 siswa (20.6%) dan setelah tindakan 21 siswa (61%); 2) siswa yang mampu memberikan contoh dari konsep sebelum tindakan 10 siswa (29.5%) dan setelah tindakan 24 siswa (70%); dan 3) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep ke dalam permasalahan sebelum tindakan 8 siswa (26.5%) dan setelah tindakan 31 siswa (91%). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017.