Show simple item record

dc.contributor.authorKholidah, Fitri Arif
dc.contributor.authorSumardi, Sumardi
dc.date.accessioned2017-06-17T04:02:56Z
dc.date.available2017-06-17T04:02:56Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Jihad, Asep dan Abdul Haris. 2010. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta : Multi Pressindo. [2] Trianto. 2011. Model-model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivistik. Jakarta : Prestasi Pustaka. [3] Bachman, Edmund. 2005. Metode Belajar Berpikir Kritis dan Inovatif. Jakarta : Prestasi Pustakaraya. [4] Rahayu, Etik dkk. 2012. “Analisis Deskriptif Soal Geometri dalam Buku Matematika Bilingual untuk Sekolah Menengah Pertama Kelas VIII Berdasarkan Kriteria Internasional Assessment TIMSS 2007”. Jurnal Kreano, Vol.3, No.1. Diakses tanggal 29 September 2016. [5] Putra, Yovan P. 2008. Memori dan Pembelajaran Efektif. Bandung : CV. Yrama Widya. [6] Alamsyah, Maurizal. 2009. Kiat Jitu Meningkatkan Prestasi dengan Mind Mapping. Jogjakarta : Mitra Pelajar. [7] Pinto, Laura E. dkk. 2012. 95 Strategi Pengajaran : Ide-ide Remodeling Pelajaran yang Mengacu ke Kurikulum Inti. Terjemahan oleh Hartati Widiastuti. 2014. Jakarta : Indeks. [8] Yohanie, Dian Devita. 2015. “Eksperimentasi Pembelajaran Matematika dengan Model Mind Mapping terhadap Hasil Belajar Siswa ditinjau dari Motivasi Belajar Sisw Kelas X SMA Negeri 8 Kediri”. Jurnal Math Educator Nusantara, Vol1. No.1. Diakses tanggal 14 April 2017 (http://ojs.unpkediri.ac.id/index.php/matematika/article/view/123). [9] Darusman, Rijal. 2014.”Penerapan Metode Mind Mapping (Peta Pikiran) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa SMP.” Jurnal Ilmiah Program Studi Matematika STKIP Siliwangi Bandung, Vol.3, No.2. Diakses tanggal 29 September 2016 (https://e-journal.stkipsiliwangi.ac.id/index.php/infinity/article/view/61 [10] Kusumah, Wijaya dan Dedi Dwitagama. 2011. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas, Edisi kedua. Jakarta Barat : Indeks. [11] Sutama. 2015. Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta : Fairuz Media. [12] Rochmad, dkk. 2014. “Mind Mapping Learning to Increase Mathematical Reflective Thinking Ability of Junior High School Students”. International Conference on Mathematics, Science, and Education (ICMSE). Diakses tanggal 12 Januari 2017 (http://icmseunnes.com/wp-content/uploads/2015/10/4.pdf ). [13] Yosefa, Beny dan Elis Nurjanah. 2013. “Pengaruh Metode Pembelajaran Quantum Teaching dengan Menggunakan Mind Mapping terhadap Kemampuan Penalaran Matematis pada Siswa SMP Kelas VIII”. Jurnal Pengajaran MIPA. Diakses tanggal 16 Oktober 2016. [14] Hidayat, Riyan dan Zanaton H. Iksan. 2015. “The Effect of Realistic Mathematic education on Students’ Conceptual Understanding of Linear Progamming”. Creative Education, 6. Diakses tanggal 14 April 2017 (http://dx.doi.org/10.4236/ce.2015.622251 ).in_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8810
dc.description.abstractTujuan penelitian ini adalah meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang melalui model pembelajaran mind mapping. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan tiga siklus. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 34 siswa. Sumber data berasal dari siswa kelas VIII D, guru matematika kelas VIII D, dan kegiatan belajar mengajar. Teknik pengumpulan data melalui metode observasi, tes, catatan lapangan dan dokumentasi. Hasil penelitian ini diperoleh : 1) siswa mampu menyatakan ulang suatu konsep sebelum tindakan 7 siswa (20.6%) dan setelah tindakan 21 siswa (61%); 2) siswa yang mampu memberikan contoh dari konsep sebelum tindakan 10 siswa (29.5%) dan setelah tindakan 24 siswa (70%); dan 3) siswa yang mampu mengaplikasikan konsep ke dalam permasalahan sebelum tindakan 8 siswa (26.5%) dan setelah tindakan 31 siswa (91%). Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran mind mapping dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pada siswa kelas VIII D SMP Negeri 7 Sukoharjo tahun ajaran 2016/2017.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectBangun ruangin_ID
dc.subjectMind mappingin_ID
dc.subjectPemahaman konsepin_ID
dc.titlePeningkatan Pemahaman Konsep Matematika Materi Bangun Ruang Melalui Model Pembelajaran Mind Mapping (PTK pada Siswa Kelas VIII di SMP Negeri 7 Sukoharjo Tahun 2016/2017)in_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record