• Login
    View Item 
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    •   Home
    • Proceedings
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017
    • View Item
    JavaScript is disabled for your browser. Some features of this site may not work without it.

    Kesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo Kelas X

    Thumbnail
    View/Open
    36.Makalah Revisi_Fajar Ahmad.pdf (1.018Mb)
    Date
    2017-05-14
    Author
    Nugroho, Fajar Ahmad
    Sutarni, Sri
    Metadata
    Show full item record
    Abstract
    Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam meneyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari lima level taksonomi SOLO dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan terebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 3 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Triangulasi sumber pada penelitian ini adalah hasil tes dari siswa serta hasil wawancara, dan triangulasi teknik menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian besar presentase level prestruktural sebesar 18,05%, level unistruktural 30,73%, level multistruktural 24,63%, level relasional 15,61, dan level extended abstract 10,98%. Hasil ini menunjukkan kesalahan siswa pada level unistruktural yang paling banyak daripada level yang lain. Faktor yang menyebabkan kesalahan pada level unistruktural adalah kurangnya siswa dalam memahami informasi dalam soal, kurangnya ketelitian siswa, siswa belum mampu menerjemahkan soal ke dalam kalimat matematika atau model matematika.
    URI
    http://hdl.handle.net/11617/8824
    Collections
    • Prosiding Sempoa : Seminar Nasional, Pameran Alat Peraga, dan Olimpiade Matematika 3 2017

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV
     

     

    Browse

    Publikasi IlmiahCommunities & CollectionsBy Issue DateAuthorsTitlesSubjectsThis CollectionBy Issue DateAuthorsTitlesSubjects

    My Account

    Login

    DSpace software copyright © 2002-2016  DuraSpace
    Contact Us | Send Feedback
    Theme by 
    Atmire NV