Show simple item record

dc.contributor.authorNugroho, Fajar Ahmad
dc.contributor.authorSutarni, Sri
dc.date.accessioned2017-06-20T02:43:32Z
dc.date.available2017-06-20T02:43:32Z
dc.date.issued2017-05-14
dc.identifier.citation[1] Sagala, Syaeful. 2007. Manajemen Strategi Dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta. [2] Abdurrahman, Mulyono. 2012. Anak Berkesulitan Belajar Teori Diagnosis, dan Remidiasinya. Jakarta: Rineka Cipta. [3] . 2009. Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. Jakarta: Rineka Cipta. [4] Siti Sahriah, Makbul Muksar, dan Trianingsih Eni Lestari. 2012. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Operasi Pecahan Nentuk Aljabar Kelas VIII SMP Negeri 2 Malang”. Jurnal Universitas Negeri Malang. /Volume 1/ No. 1. page 2. [5] IR Agustina, Mulyono, dan M. Askin. 2016. “ Analisis Kesalahan Siswa Kelas VIII Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Bentuk Uraian Berdasarkan Taksonomi SOLO”. Unnes Journal of Mathematics Education. /Volume 5/ No. 2. page 92-100. [6] Mistakun Nuroniah, Rochmad, dan Kristina Wijayanti. 2013. “Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Dengan Taksonomi SOLO”. Unnes Journal of Mathematics Education. / Volume 2/ No. 2. page 62-63. [7] Ronald Manibuy, Mardiyana, dan Dewi Retno Sari Saputro. 2014. “Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat Berdasarkan Taksonomi SOLO Pada Kelas X SMA Negeri 1 Plus Di Kabupaten Nabire-Papua”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika. /Volume 2/ No. 9. page 943-945. [8] Rosyida Ekawati, Iwan Junaedi, Sunyoto Eko Nugroho. 2013. “ Studi Respon Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Taksonomi Solo”. Unnes Journal of Mathematics Education Research. /Volume 2/ No. 2. page 101-107. [9] Agustiawan, Reno. 2013. Jurnal Analisis Kesalahan Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pembelajaran Sistem Persamaan Linear Dua Variabelin_ID
dc.identifier.issn2528-4630
dc.identifier.urihttp://hdl.handle.net/11617/8824
dc.description.abstractPenelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan kesalahan-kesalahan yang dilakukan siswa dalam meneyelesaikan soal cerita sistem persamaan linear dua variabel ditinjau dari lima level taksonomi SOLO dan faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan terebut. Jenis penelitian ini adalah kualitatif diskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X 3 SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar yang berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes, wawancara, dan dokumentasi. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi sumber dan teknik. Triangulasi sumber pada penelitian ini adalah hasil tes dari siswa serta hasil wawancara, dan triangulasi teknik menggunakan teknik tes, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian besar presentase level prestruktural sebesar 18,05%, level unistruktural 30,73%, level multistruktural 24,63%, level relasional 15,61, dan level extended abstract 10,98%. Hasil ini menunjukkan kesalahan siswa pada level unistruktural yang paling banyak daripada level yang lain. Faktor yang menyebabkan kesalahan pada level unistruktural adalah kurangnya siswa dalam memahami informasi dalam soal, kurangnya ketelitian siswa, siswa belum mampu menerjemahkan soal ke dalam kalimat matematika atau model matematika.in_ID
dc.language.isoidin_ID
dc.publisherHMP Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Muhammadiyah Surakartain_ID
dc.subjectsistem persamaan linear dua variablein_ID
dc.subjectkesalahanin_ID
dc.subjecttaksonomi SOLOin_ID
dc.titleKesalahan Siswa Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau dari Taksonomi Solo Kelas Xin_ID
dc.typeArticlein_ID


Files in this item

Thumbnail

This item appears in the following Collection(s)

Show simple item record